MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS
: 9A DAN 9C
FASE
: D
ELEMEN
: MENYIMAK - BERBICARA
PERTEMUAN
: KE-1 (PERTAMA)
MA
TERI
: REPORT TEXT
GURU PENGAMPUH
: APRILLIA SARI, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN : JUMAT, 5 AGUSTUS 2025
CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan bahasa
Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat
dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam
konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian
kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi
atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang
telah
familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat
dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan
menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka
menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa Mampu memahami pengertian Report Text
2. Siswa Mampu memahami Penggunaan Report Text
3. Siswa Mampu membuat Text sederhana menggunakan Report Text
Assalamualaikum
wr wb
Good morning student, how are you today? Have
you pray shubuh today? For the boys please pray at the mosque and for the girls
at home,
Oke now we are going to continue our lesson,
we are going to study about Report Text, please understanding the definition
and the function of Report Text !
Thank you.
REPORT
TEXT
• PENGERTIAN
• Report text merupakan
jenis teks dalam bahasa Inggris berupa laporan yang digunakan untuk memberikan
informasi faktual secara jelas mengenai suatu topik tanpa menyertakan informasi
atau opini yang tidak perlu.
• Isi dari report
text sendiri biasanya berupa deskripsi tentang suatu objek, makhluk
hidup, fenomena, atau peristiwa berdasarkan pengamatan atau penelitian.
• Penulisan report
text menggunakan bahasa formal, obyektif, dan disusun secara
sistematis sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi laporan.
• Selain itu, contoh report
text dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti laporan ilmiah,
artikel edukasi, atau dokumen penelitian.
• TUJUAN
1.
Report
text dirancang untuk
memberikan pengetahuan kepada pembaca tanpa menyertakan opini atau informasi
yang bersifat subjektif
2.
Report
text dibuat untuk
menjelaskan ciri-ciri atau karakteristik suatu hal secara jelas dan lengkap
agar pembaca bisa memahaminya dengan baik
3.
Informasi dalam report
text pun bisa digunakan untuk belajar, penelitian, atau keperluan
dokumentasi karena isinya berdasarkan fakta, bukan opini
Struktur Report Text
1. General Classification
General Classification berisi seputar informasi umum berdasarkan hasil
pengamatan penulis
General classification bisa juga disebut sebagai bagian pembuka
dari report text yang memberikan informasi umum atau pengantar
mengenai objek yang akan dibahas.
General classification memuat definisi, pengelompokan, atau
deskripsi umum dari objek yang ditulis pada teks ini. Sedangkan objek yang
dijelaskan bisa berupa hewan, tumbuhan, tempat, atau benda lainnya.
Contoh:
Dolphins are intelligent marine mammals that belong to the
cetacean family. They are widely known for their playful behavior and
remarkable ability to communicate with each other…
2. Description
Bagian ini memuat deskripsi lebih dalam mengenai detail dari hasil penelitian
penulis secara terperinci.
Struktur yang kedua disebut dengan description atau
deskripsi, yaitu bagian yang berisi penjelasan rinci tentang objek yang telah
diperkenalkan di general classification.
Penjelasannya dapat meliputi berbagai aspek, seperti karakteristik
fisik, habitat, perilaku, atau peran objek dalam lingkungannya. Bagian ini
bertujuan untuk memberikan informasi lebih detail agar pembaca memahami objek
dengan baik.
Contoh:
Dolphins have streamlined bodies and are usually gray or blue-gray
in color. They are often found in warm oceans, living in groups called pods.
Dolphins are carnivorous and primarily eat fish and squid. They
communicate using a variety of sounds, such as clicks and whistles, and are
known for their playful interactions with humans and other animals…..
Ciri-ciri Report Text
1. Report text menjelaskan mengenai berbagai macam kelompok dan bukan individu
secara khusus
2. Berisi mengenai
fakta-fakta ilmiah.
3. Judul pada report
text terlihat umum. Maksudnya, judul mudah dikenali oleh pembaca, meskipun
pembaca tersebut tidak memiliki kompetensi terhadap topik keilmuan yang ada
pada report text tersebut.
4. Umumnya disertai
gambar dan data statistik guna mendukung pengamatan penulis.
5. Menggunakan pola
kalimat simple present tense.
6. Menggunakan kata
benda umum seperti pada language feature general nouns. Ex : “animals“,
“birds“, “plants”, “machines,” atau “planets“,
daripada menyebutkan nama-namanya.
7. Menggunakan kata
kerja yang saling berhubungan, sesuai dengan language feature-nya, yaitu
linking verbs atau relative verbs. Ex ; “A tiger is a carnivorous
animal.”
8. Terdiri dari suatu
objek dan ditambah dengan objek lain.
9. Menggunakan
conditional logical conjuction, contohnya so, when, dan lain sebagainya.
• Example: 1.
Bekantan
• General
Classification
The proboscis monkey, also known as bekantan (Nasalis larvatus), is a
species of monkey native to Borneo. It is easily recognized by its long nose,
reddish-brown fur, and large belly.
Bekantan lives in mangrove forests, swamps, and along riverbanks, making it
highly dependent on watery environments.
Description
Male proboscis monkeys are larger than females, with body lengths of up to
75 cm and a weight of around 24 kilograms. Their most distinctive feature is
their large, long noses, which can grow up to 18 cm in males.
This nose helps them amplify their calls to attract mates or warn of danger.
Females and juveniles have smaller noses.
Their fur is reddish-brown on the back and pale yellow on the belly, helping
them blend into the forest. Bekantan are excellent swimmers, equipped with
webbed feet to move swiftly in water.
They feed on leaves, fruits, and seeds. Typically, they live in groups of
10–30 individuals and are active during the day.
• 2. Sahara Desert
General Classification
The Sahara Desert is the largest hot desert in the world, covering
approximately 9.2 million square kilometers.
It stretches across North Africa, spanning 11 countries, including Algeria,
Egypt, Libya, and Sudan. The Sahara is known for its extreme
climate, with scorching temperatures during the day and cold nights.
Description
The Sahara consists of vast sand dunes, rocky plateaus, gravel plains, and
dry valleys. Its sand dunes can reach heights of up to 180 meters.
Despite the harsh environment, the Sahara is home to various plants and
animals that have adapted to survive with minimal water. Plants like cacti and
date palms have deep roots to access underground water.
Animals such as camels, fennec foxes, and scorpions thrive in this desert.
The people living in the Sahara, such as the Tuareg and Bedouin tribes, have
adapted their lifestyle by traveling in caravans and relying on oases for water
and food.
• EVALUASI
• Read the text to
answer questions 1-3.
• The largest
meat-eating animal in the world is the brown bear that lives in Alaska.
“Brownie”, as this bear is called, will always keep away from people. But, be
careful if it is wounded with a gun or the mother bear and her cubs are
shocked. Some hunters claim the brown bear can outfight a tiger.
• A grown brownie may
be up to nine feet tall. It may weigh over 1,600 pounds. But when the brown
bear is born, it weighs less than one pound. If you grew at the same rate, you
would weigh almost 10,000 pounds when you were fully grown!
• 1.What does the text
mostly tell about?
• A. Brown bears.
• B. Strong hunters.
• C. Fighting tigers.
• D. Alaskan people.
• 2. Which statement is
not true according to the text?
• A. Brown bear eats
meat.
• B. Brown bears can
beat a tiger.
• C. Brownie will keep
away when it sees. People.
• D. Brown bears are
tame animals.
• 3. But, be careful if
it is wounded with a gun or the mother bear and her cubs are shocked.” (line 6)
• What does the
underlined word mean?
• Informasi penting
disajikan secara kronologis
• A. Male bears.
• B. Baby bears.
• C. Group of bears.
• D. Other bears.
• KESIMPULAN
Setelah kalian
mempelajari tentang Report text, kalian mampu memahami pengertian dari Text
Report yaitu : Text Report adalah text yang digunakan untuk memberikan
informasi faktual secara jelas mengenai suatu topik tanpa menyertakan impormasi
atau opini yang tidak perlu.
• REFERENSI
1. Buku English For Nusantara KEMENDIKBUD
2. https://www.ruangguru.com/blog/apa-saja-structure-of-information-report-text
Komentar
Posting Komentar