REPORT TEXT KELAS 9

MATA PELAJARAN                  : BAHASA INGGRIS

KELAS                                          : 9B  DAN 9D

FASE                                            : D

ELEMEN                                    : MENYIMAK - BERBICARA

PERTEMUAN                           : KE-1 (PERTAMA)

MA        TERI                             : REPORT TEXT

GURU PENGAMPUH             : APRILLIA SARI, S.Pd.

WAKTU PEMBELAJARAN     : KAMIS, 4 AGUSTUS 2025

CAPAIAN PEMBELAJARAN : 

        Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang                 telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana.

         

            TUJUAN PEMBELAJARAN

          1.  Siswa Mampu memahami pengertian Report Text

          2.  Siswa Mampu memahami Penggunaan Report Text

          3. Siswa Mampu membuat Text sederhana menggunakan Report Text

 

               Assalamualaikum wr wb

Good morning student, how are you today? Have you pray shubuh today? For the boys please pray at the mosque and for the girls at home,

Oke now we are going to continue our lesson, we are going to study about Report Text, please understanding the definition and the function of Report Text !

Thank you.

   

   REPORT TEXT         

 

                                                    

       PENGERTIAN

       Report text merupakan jenis teks dalam bahasa Inggris berupa laporan yang digunakan untuk memberikan informasi faktual secara jelas mengenai suatu topik tanpa menyertakan informasi atau opini yang tidak perlu.

       Isi dari report text sendiri biasanya berupa deskripsi tentang suatu objek, makhluk hidup, fenomena, atau peristiwa berdasarkan pengamatan atau penelitian.

       Penulisan report text menggunakan bahasa formal, obyektif, dan disusun secara sistematis sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi laporan.

       Selain itu, contoh report text dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti laporan ilmiah, artikel edukasi, atau dokumen penelitian.

 

       TUJUAN

  1. Report text dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca tanpa menyertakan opini atau informasi yang bersifat subjektif
  2. Report text  dibuat untuk menjelaskan ciri-ciri atau karakteristik suatu hal secara jelas dan lengkap agar pembaca bisa memahaminya dengan baik
  3. Informasi dalam report text pun bisa digunakan untuk belajar, penelitian, atau keperluan dokumentasi karena isinya berdasarkan fakta, bukan opini

 

Struktur Report Text

1. General Classification
General Classification berisi seputar informasi umum berdasarkan hasil pengamatan penulis

General classification bisa juga disebut sebagai bagian pembuka dari report text yang memberikan informasi umum atau pengantar mengenai objek yang akan dibahas.

General classification memuat definisi, pengelompokan, atau deskripsi umum dari objek yang ditulis pada teks ini. Sedangkan objek yang dijelaskan bisa berupa hewan, tumbuhan, tempat, atau benda lainnya.

 

Contoh:

Dolphins are intelligent marine mammals that belong to the cetacean family. They are widely known for their playful behavior and remarkable ability to communicate with each other…

 

2. Description
Bagian ini memuat deskripsi lebih dalam mengenai detail dari hasil penelitian penulis secara terperinci.

Struktur yang kedua disebut dengan description atau deskripsi, yaitu bagian yang berisi penjelasan rinci tentang objek yang telah diperkenalkan di general classification.

Penjelasannya dapat meliputi berbagai aspek, seperti karakteristik fisik, habitat, perilaku, atau peran objek dalam lingkungannya. Bagian ini bertujuan untuk memberikan informasi lebih detail agar pembaca memahami objek dengan baik.

 

Contoh:

Dolphins have streamlined bodies and are usually gray or blue-gray in color. They are often found in warm oceans, living in groups called pods.

Dolphins are carnivorous and primarily eat fish and squid. They communicate using a variety of sounds, such as clicks and whistles, and are known for their playful interactions with humans and other animals…..

 

Ciri-ciri Report Text


1. Report text menjelaskan mengenai berbagai macam kelompok dan bukan individu secara khusus

2. Berisi mengenai fakta-fakta ilmiah.

3. Judul pada report text terlihat umum. Maksudnya, judul mudah dikenali oleh pembaca, meskipun pembaca tersebut tidak memiliki kompetensi terhadap topik keilmuan yang ada pada report text tersebut.

4. Umumnya disertai gambar dan data statistik guna mendukung pengamatan penulis.

5. Menggunakan pola kalimat simple present tense.

6. Menggunakan kata benda umum seperti pada language feature general nouns. Ex : “animals“, “birds“, “plants”, “machines,” atau “planets“, daripada menyebutkan nama-namanya.

7. Menggunakan kata kerja yang saling berhubungan, sesuai dengan language feature-nya, yaitu linking verbs atau relative verbs. Ex ; “A tiger is a carnivorous animal.”

8. Terdiri dari suatu objek dan ditambah dengan objek lain.

9. Menggunakan conditional logical conjuction, contohnya so, when, dan lain sebagainya.

 

        Example: 1. Bekantan

       General Classification
The proboscis monkey, also known as bekantan (Nasalis larvatus), is a species of monkey native to Borneo. It is easily recognized by its long nose, reddish-brown fur, and large belly.

Bekantan lives in mangrove forests, swamps, and along riverbanks, making it highly dependent on watery environments.

Description
Male proboscis monkeys are larger than females, with body lengths of up to 75 cm and a weight of around 24 kilograms. Their most distinctive feature is their large, long noses, which can grow up to 18 cm in males.

This nose helps them amplify their calls to attract mates or warn of danger. Females and juveniles have smaller noses.

Their fur is reddish-brown on the back and pale yellow on the belly, helping them blend into the forest. Bekantan are excellent swimmers, equipped with webbed feet to move swiftly in water.

They feed on leaves, fruits, and seeds. Typically, they live in groups of 10–30 individuals and are active during the day.

 

       2. Sahara Desert

General Classification
The Sahara Desert is the largest hot desert in the world, covering approximately 9.2 million square kilometers.

It stretches across North Africa, spanning 11 countries, including Algeria, Egypt, Libya, and Sudan. The Sahara is known for its extreme climate, with scorching temperatures during the day and cold nights.

Description
The Sahara consists of vast sand dunes, rocky plateaus, gravel plains, and dry valleys. Its sand dunes can reach heights of up to 180 meters.

Despite the harsh environment, the Sahara is home to various plants and animals that have adapted to survive with minimal water. Plants like cacti and date palms have deep roots to access underground water.

Animals such as camels, fennec foxes, and scorpions thrive in this desert. The people living in the Sahara, such as the Tuareg and Bedouin tribes, have adapted their lifestyle by traveling in caravans and relying on oases for water and food.

 

       EVALUASI

       Read the text to answer questions 1-3.

       The largest meat-eating animal in the world is the brown bear that lives in Alaska. “Brownie”, as this bear is called, will always keep away from people. But, be careful if it is wounded with a gun or the mother bear and her cubs are shocked. Some hunters claim the brown bear can outfight a tiger.

       A grown brownie may be up to nine feet tall. It may weigh over 1,600 pounds. But when the brown bear is born, it weighs less than one pound. If you grew at the same rate, you would weigh almost 10,000 pounds when you were fully grown!

 

       1.What does the text mostly tell about?

       A. Brown bears.

       B. Strong hunters.

       C. Fighting tigers.

       D. Alaskan people.

 

       2. Which statement is not true according to the text?

       A. Brown bear eats meat.

       B. Brown bears can beat a tiger.

       C. Brownie will keep away when it sees. People.

       D. Brown bears are tame animals.

 

       3. But, be careful if it is wounded with a gun or the mother bear and her cubs are shocked.” (line 6)

       What does the underlined word mean?

       Informasi penting disajikan secara kronologis

       A. Male bears.

       B. Baby bears.

       C. Group of bears.

       D. Other bears.

 

        KESIMPULAN

 Setelah kalian mempelajari tentang Report text, kalian mampu memahami pengertian dari Text Report yaitu :  Text Report adalah text yang digunakan untuk memberikan informasi faktual secara jelas mengenai suatu topik tanpa menyertakan impormasi atau opini yang tidak perlu.


            REFERENSI

       1. Buku English For Nusantara KEMENDIKBUD

        2. https://www.ruangguru.com/blog/apa-saja-structure-of-information-report-text

 

 



Komentar