MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS : 9B DAN 9D
FASE : D
ELEMEN : MENYIMAK - BERBICARA
PERTEMUAN : KE-1 (PERTAMA)
MA TERI : REPORT TEXT
GURU PENGAMPUH : APRILLIA SARI, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN : KAMIS, 4 AGUSTUS 2025
CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa Mampu memahami pengertian Report Text
2. Siswa Mampu memahami Penggunaan Report Text
3. Siswa Mampu membuat Text sederhana menggunakan Report Text
Assalamualaikum wr wb
Good morning student, how are you today? Have you pray shubuh today? For the boys please pray at the mosque and for the girls at home,
Oke now we are going to continue our lesson, we are going to study about Report Text, please understanding the definition and the function of Report Text !
Thank you.
REPORT TEXT
• PENGERTIAN
• Report
text merupakan jenis teks dalam bahasa Inggris berupa laporan yang
digunakan untuk memberikan informasi faktual secara jelas mengenai suatu topik
tanpa menyertakan informasi atau opini yang tidak perlu.
• Isi
dari report text sendiri biasanya berupa deskripsi tentang
suatu objek, makhluk hidup, fenomena, atau peristiwa berdasarkan pengamatan
atau penelitian.
• Penulisan report
text menggunakan bahasa formal, obyektif, dan disusun secara
sistematis sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi laporan.
• Selain
itu, contoh report text dapat ditemukan dalam berbagai bentuk,
seperti laporan ilmiah, artikel edukasi, atau dokumen penelitian.
• TUJUAN
- Report
text dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca tanpa
menyertakan opini atau informasi yang bersifat subjektif
- Report
text dibuat untuk menjelaskan ciri-ciri atau karakteristik suatu
hal secara jelas dan lengkap agar pembaca bisa memahaminya dengan baik
- Informasi
dalam report text pun bisa digunakan untuk belajar,
penelitian, atau keperluan dokumentasi karena isinya berdasarkan fakta,
bukan opini
Struktur Report Text
1. General Classification
General Classification berisi seputar informasi umum berdasarkan hasil
pengamatan penulis
General classification bisa juga
disebut sebagai bagian pembuka dari report text yang
memberikan informasi umum atau pengantar mengenai objek yang akan dibahas.
General classification memuat
definisi, pengelompokan, atau deskripsi umum dari objek yang ditulis pada teks
ini. Sedangkan objek yang dijelaskan bisa berupa hewan, tumbuhan, tempat, atau
benda lainnya.
Contoh:
Dolphins are intelligent
marine mammals that belong to the cetacean family. They are widely known for
their playful behavior and remarkable ability to communicate with each other…
2. Description
Bagian ini memuat deskripsi lebih dalam mengenai detail dari hasil penelitian
penulis secara terperinci.
Struktur yang kedua disebut
dengan description atau deskripsi, yaitu bagian yang berisi
penjelasan rinci tentang objek yang telah diperkenalkan di general
classification.
Penjelasannya dapat meliputi
berbagai aspek, seperti karakteristik fisik, habitat, perilaku, atau peran
objek dalam lingkungannya. Bagian ini bertujuan untuk memberikan informasi
lebih detail agar pembaca memahami objek dengan baik.
Contoh:
Dolphins have streamlined
bodies and are usually gray or blue-gray in color. They are often found in warm
oceans, living in groups called pods.
Dolphins are carnivorous and
primarily eat fish and squid. They communicate using a variety of sounds, such
as clicks and whistles, and are known for their playful interactions with
humans and other animals…..
Ciri-ciri Report Text
1. Report text menjelaskan mengenai berbagai macam kelompok dan bukan individu
secara khusus
2. Berisi mengenai fakta-fakta ilmiah.
3. Judul pada report text terlihat umum. Maksudnya, judul
mudah dikenali oleh pembaca, meskipun pembaca tersebut tidak memiliki
kompetensi terhadap topik keilmuan yang ada pada report text tersebut.
4. Umumnya disertai gambar dan data statistik guna mendukung
pengamatan penulis.
5. Menggunakan pola kalimat simple present tense.
6. Menggunakan kata benda umum seperti pada language feature
general nouns. Ex : “animals“, “birds“, “plants”, “machines,”
atau “planets“, daripada menyebutkan nama-namanya.
7. Menggunakan kata kerja yang saling berhubungan, sesuai
dengan language feature-nya, yaitu linking verbs atau relative verbs. Ex ; “A
tiger is a carnivorous animal.”
8. Terdiri dari suatu objek dan ditambah dengan objek lain.
9. Menggunakan conditional logical conjuction, contohnya so,
when, dan lain sebagainya.
• General
Classification
The proboscis monkey, also known as bekantan (Nasalis larvatus), is a
species of monkey native to Borneo. It is easily recognized by its long nose,
reddish-brown fur, and large belly.
Bekantan lives in mangrove forests, swamps, and along riverbanks, making it
highly dependent on watery environments.
Description
Male proboscis monkeys are larger than females, with body lengths of up to
75 cm and a weight of around 24 kilograms. Their most distinctive feature is
their large, long noses, which can grow up to 18 cm in males.
This nose helps them amplify their calls to attract mates or warn of danger.
Females and juveniles have smaller noses.
Their fur is reddish-brown on the back and pale yellow on the belly, helping
them blend into the forest. Bekantan are excellent swimmers, equipped with
webbed feet to move swiftly in water.
They feed on leaves, fruits, and seeds. Typically, they live in groups of
10–30 individuals and are active during the day.
• 2.
Sahara Desert
General Classification
The Sahara Desert is the largest hot desert in the world, covering approximately
9.2 million square kilometers.
It stretches across North Africa, spanning 11 countries, including Algeria,
Egypt, Libya, and Sudan. The Sahara is known for its extreme
climate, with scorching temperatures during the day and cold nights.
Description
The Sahara consists of vast sand dunes, rocky plateaus, gravel plains, and
dry valleys. Its sand dunes can reach heights of up to 180 meters.
Despite the harsh environment, the Sahara is home to various plants and
animals that have adapted to survive with minimal water. Plants like cacti and
date palms have deep roots to access underground water.
Animals such as camels, fennec foxes, and scorpions thrive in this desert.
The people living in the Sahara, such as the Tuareg and Bedouin tribes, have
adapted their lifestyle by traveling in caravans and relying on oases for water
and food.
•
EVALUASI
•
Read the text to answer questions 1-3.
•
The largest meat-eating animal in the world
is the brown bear that lives in Alaska. “Brownie”, as this bear is called, will
always keep away from people. But, be careful if it is wounded with a gun or
the mother bear and her cubs are shocked. Some hunters claim the brown bear can
outfight a tiger.
•
A grown brownie may be up to nine feet tall.
It may weigh over 1,600 pounds. But when the brown bear is born, it weighs less
than one pound. If you grew at the same rate, you would weigh almost 10,000
pounds when you were fully grown!
•
1.What does the text mostly tell about?
•
A. Brown bears.
•
B. Strong hunters.
•
C. Fighting tigers.
•
D. Alaskan people.
•
2. Which statement is not true according to
the text?
•
A. Brown bear eats meat.
•
B. Brown bears can beat a tiger.
•
C. Brownie will keep away when it sees.
People.
•
D. Brown bears are tame animals.
•
3. But, be careful if it is wounded with a
gun or the mother bear and her cubs are shocked.” (line 6)
•
What does the underlined word mean?
•
Informasi penting disajikan secara kronologis
•
A. Male bears.
•
B. Baby bears.
•
C. Group of bears.
•
D. Other bears.
• KESIMPULAN
Setelah kalian mempelajari tentang Report text, kalian mampu memahami pengertian dari Text Report yaitu : Text Report adalah text yang digunakan untuk memberikan informasi faktual secara jelas mengenai suatu topik tanpa menyertakan impormasi atau opini yang tidak perlu.
• REFERENSI
1. Buku English For Nusantara KEMENDIKBUD
2. https://www.ruangguru.com/blog/apa-saja-structure-of-information-report-text
Komentar
Posting Komentar