MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS
: 9B DAN 9D
FASE
: D
ELEMEN
: MENYIMAK - BERBICARA
PERTEMUAN
: KE-2 (DUA)
MATERI
: RECOUNT TEXT
GURU PENGAMPUH
: APRILLIA SARI, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN : KAMIS, 25 SEPTEMBER 2025
CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk
berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan
dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar
yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian kosakata, peserta
didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi
mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan
di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan
pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan
dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat dan kata kerja
sederhana.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa Mampu
Memahami Pengertian dari Recount Text
2. Siswa Mampu
membuat kalimat sederhana menggunakan Recount Text
3. Siswa Mampu membuat text recount berdasarkan pengalaman pribadi
nya
Assalamualaikum wr wb
Good morning student, how are you today? Have you pray
shubuh today? For the boys please pray at the mosque and for the girls at home,
Oke now we are going to continue our lesson, we are going
to study about Time Connective, please understanding the definition and the
function of Recount Text !
Thank you.
RECOUNT TEXT
u Definisi Recount Text
recount
text is a text which retells events, or experiences in the past.
Artinya, recount text adalah teks yang menceritakan
kembali kejadian atau pengalaman yang terjadi di masa lalu.
u Menurut kamus, kata 'Recount'memiliki arti
menceritakan. Jadi Recount text dapat diartikan sebagai 'Text yang
menceritakan'. Maka Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan kembali
peristiwa atau aktivitas yang terjadi di masa lampau yang pernah di alami
sebelumnya. Kita mungkin pernah mendengar sebelumnya dari guru kita bahwa
Recount Text adalah sebuah cerita pengalaman yang benar - benar terjadi di
dalam kehidupan kita. Lalu, tujuan dari Recount text itu sendiri adalah untuk
menghibur atau memberi informasi kepada pembaca.
u Ciri-Ciri Recount Text
u 1. Memiliki judul yang merangkum teks. Contohnya 'My
Vacation to Bali' maka ceritanya hanya akan menceritakan seluruh
liburan saat berada di bali
u 2. Menceritakan peristiwa yang sudah terjadi di masa
lampau. Maka Recount text selalu menggunakan past tense, contohnya 'Last
month, I went to Bali with my family.
u 3. Semua kejadian yang di ceritakan harus secara berurutan.
Jadi, harus memakai kata sambung seperti 'when', 'later', 'then',
'after', 'before', dan lain lain.
u Generic Structure dari Recount Text
Generic
structure atau struktur kebahasaan dari Recount Text ini terbagi kedalam 3
susunan, yaitu :
u 1.Orientation
Bagian Orientation merupakan bagian pendahuluan atau perkenalan dari text yang
akan dibahas. Karena di dalam Orientation ini menceritakan siapa saja yang
terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan
waktu terjadinya peristiwa.
u 2.Events
Bagian Event merupakan inti dari cerita. Pada bagian ini kita menceritakan
semua yang terjadi secara berurutan dari awal sampai selesai
u 3.Re-orientation
Bagian Re-orientation berisi kesimpulan dari isi cerita, atau bisa juga
merupakan pendapat pribadi dari si pencerita. Re-orientation ini bisa disebut
juga akhir atau penutup dari cerita.
u Types of Recount Text (Jenis-Jenis Recount
Text)
Recount text terbagi
menjadi beberapa jenis, nih, di antaranya personal recount text,
factual recount text, dan imaginative recount text. Berikut
masing-masing penjelasannya:
u 1. Personal Recount Text Personal
recount text adalah text yang berisi pengalaman
pribadi penulis. Jenis recount text satu ini merupakan yang
paling sering ditemukan dalam contoh recount text.
u 2. Factual Recount Text Factual
recount text adalah text yang berisi peristiwa yang
benar-benar terjadi (faktual), misalnya seperti laporan mengenai suatu
percobaan ilmiah, laporan forensik, atau laporan dari kepolisian. Pada factual
recount text, tidak terpaku pada kejadian pribadi ya, tapi bisa juga
kejadian yang dialami orang lain.
u 3. Imaginative Recount Text Imaginative
recount text adalah jenis recount text yang berisi
cerita imajinatif yang dialami seseorang. Cerita imajinatif ini bisa berupa
khayalan/imajinasi, atau mimpi.
Language Features of Recount Text
(Kaidah Kebahasaan Recount Text)
u 1. Menggunakan Simple Past Tense
u Kenapa harus Simple Past Tense?
Karena kejadian yang diceritakan adalah kejadian yang terjadi di masa lampau,
jadi kita harus menggunakan tense yang berfungsi untuk
mengungkapkan kejadian yang terjadi di masa lampau yakni Simple Past
Tense. Masih ingat kan, sama pola kalimat Simple Past Tense?
Pola kalimat Simple Past Tense ada dua macam, yakni:
u 1. Subject + Verb 2 Contoh: I
ran.
u 2. Subject + be + Complement Contoh: It
was hard.
u 2. Menggunakan Adverb of Time dan Adverb
of Sequence
u Selain itu, dalam membuat recount text, kamu
juga bisa menggunakan berbagai adverb atau kata keterangan, seperti kata keterangan waktu (Adverb of
Time) dan kata keterangan urutan (Adverb of
Sequence).
Visiting
My Village
Last
month, I and my family went to Banyumas which was located in Central Java,
Indonesia. We drove a car. I enjoyed the journey all day long although it took
2 days to get there. We were fun, my brother made some jokes all day. My father
told us some stories on the way. My mother slept on the back
seat. My
first day in my village, I visited my siblings and friends. We are welcomed by
happiness. When I saw my parents, they cried because they looked so happy to
meet up their families. The next day, I, my brother, my cousin and my nephew
went to a popular place in Purwokerto. It was called “Baturaden”. That was a
favorite spot in Purwokerto. We enjoyed local specialty food as culinary. I was
satisfied and so were they. Next, I took a photo with traditional music
musicians. My
brother, my cousin and my nephew enjoy the view with other visitors. They took
a photo with their style like I did. In the evening, we were back home. And did
other private activities, such as made a conversation, told the story and made
a joke. The day after tomorrow, my cousin had a ceremony to say thanks to God
for blessing their son. It was called “Nazar”. When the parents had a promise
for something and it was realized. They had to make a traditional ceremony. I
watched that traditional ceremony and took their photograph. For the last show,
we were entertained by “Ebeg”. It was traditional art. The player danced
through the traditional music and they were handled by the spirit. It was
scary, but it was fun and entertain. Time run so fast because the next day was
our last day in the village. So I took the last photo to bring it home. They
were my family and still family until the last breath in this world.
Finally,
we had to go home and brought a love experience from family. Yaps… that was the
hardest part.
EVALUASI
PLEASE WRITE YOUR
OWN EXPERIENCE USING RECOUNT TEXT!
KESIMPULAN
Setelah kalian
mempelajari Text Recount , kalian dapat memahami penggunaan dan fungsi nya
serta mampu mebuat text recount berdasarkan pengalaman pribadi kalian
REFERENSI
1. Buku
English For Nusantara KEMENDIKBUD
Komentar
Posting Komentar