MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS : 8D
FASE : D
ELEMEN : MENYIMAK - BERBICARA
PERTEMUAN : KE-1 (PERTAMA)
MATERI : RECOUNT TEXT
GURU PENGAMPUH : APRILLIA SARI, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN : SELASA, 26 AGUSTUS 2025
CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa Mampu Memahami Pengertian dari Recount Text
2. Siswa Mampu membuat kalimat sederhana menggunakan Recount Text
3. Siswa Mampu membuat text recount berdasarkan pengalaman pribadi nya
Assalamualaikum wr wb
Good morning student, how are you today? Have you pray shubuh today? For the boys please pray at the mosque and for the girls at home,
Oke now we are going to continue our lesson, we are going to study about Time Connective, please understanding the definition and the function of Recount Text !
Thank you.
RECOUNT TEXT
u Definisi Recount Text
recount text is a text which retells events, or
experiences in the past. Artinya, recount text adalah teks
yang menceritakan kembali kejadian atau pengalaman yang terjadi di masa lalu.
u Menurut
kamus, kata 'Recount'memiliki arti menceritakan. Jadi Recount text dapat
diartikan sebagai 'Text yang menceritakan'. Maka Recount text adalah sebuah
teks yang menceritakan kembali peristiwa atau aktivitas yang terjadi di masa
lampau yang pernah di alami sebelumnya. Kita mungkin pernah mendengar
sebelumnya dari guru kita bahwa Recount Text adalah sebuah cerita pengalaman
yang benar - benar terjadi di dalam kehidupan kita. Lalu, tujuan dari Recount
text itu sendiri adalah untuk menghibur atau memberi informasi kepada pembaca.
u Ciri-Ciri
Recount Text
u 1.
Memiliki judul yang merangkum teks. Contohnya 'My Vacation to Bali' maka
ceritanya hanya akan menceritakan seluruh liburan saat berada di bali
u 2.
Menceritakan peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau. Maka Recount text
selalu menggunakan past tense, contohnya 'Last month, I went to Bali
with my family.
u 3.
Semua kejadian yang di ceritakan harus secara berurutan. Jadi, harus memakai
kata sambung seperti 'when', 'later', 'then', 'after', 'before',
dan lain lain.
u Generic
Structure dari Recount Text
Generic structure atau struktur kebahasaan dari Recount Text
ini terbagi kedalam 3 susunan, yaitu :
u 1.Orientation
Bagian Orientation merupakan bagian pendahuluan atau perkenalan dari text yang
akan dibahas. Karena di dalam Orientation ini menceritakan siapa saja yang
terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan
waktu terjadinya peristiwa.
u 2.Events
Bagian Event merupakan inti dari cerita. Pada bagian ini kita menceritakan
semua yang terjadi secara berurutan dari awal sampai selesai
u 3.Re-orientation
Bagian Re-orientation berisi kesimpulan dari isi cerita, atau bisa juga
merupakan pendapat pribadi dari si pencerita. Re-orientation ini bisa disebut
juga akhir atau penutup dari cerita.
u Types
of Recount Text (Jenis-Jenis Recount Text)
Recount text terbagi menjadi beberapa jenis,
nih, di antaranya personal recount text, factual recount text,
dan imaginative recount text. Berikut masing-masing penjelasannya:
u 1. Personal
Recount Text Personal recount text adalah text yang
berisi pengalaman pribadi penulis. Jenis recount text satu ini
merupakan yang paling sering ditemukan dalam contoh recount text.
u 2. Factual
Recount Text Factual recount text adalah text yang
berisi peristiwa yang benar-benar terjadi (faktual), misalnya seperti laporan
mengenai suatu percobaan ilmiah, laporan forensik, atau laporan dari
kepolisian. Pada factual recount text, tidak terpaku pada kejadian
pribadi ya, tapi bisa juga kejadian yang dialami orang lain.
u 3. Imaginative
Recount Text Imaginative recount text adalah jenis recount
text yang berisi cerita imajinatif yang dialami seseorang. Cerita
imajinatif ini bisa berupa khayalan/imajinasi, atau mimpi.
Language Features of Recount Text
(Kaidah Kebahasaan Recount Text)
u 1.
Menggunakan Simple Past Tense
u Kenapa
harus Simple Past Tense? Karena kejadian yang
diceritakan adalah kejadian yang terjadi di masa lampau, jadi kita harus
menggunakan tense yang berfungsi untuk mengungkapkan kejadian
yang terjadi di masa lampau yakni Simple Past Tense. Masih ingat
kan, sama pola kalimat Simple Past Tense? Pola kalimat Simple Past
Tense ada dua macam, yakni:
u 1. Subject
+ Verb 2 Contoh: I ran.
u 2. Subject
+ be + Complement Contoh: It was hard.
u 2.
Menggunakan Adverb of Time dan Adverb of Sequence
u Selain
itu, dalam membuat recount text, kamu juga bisa menggunakan
berbagai adverb atau
kata keterangan,
seperti
kata keterangan
waktu
(Adverb of Time) dan kata
keterangan
urutan
(Adverb of Sequence).
Visiting My Village
Last
month, I and my family went to Banyumas which was located in Central Java,
Indonesia. We drove a car. I enjoyed the journey all day long although it took
2 days to get there. We were fun, my brother made some jokes all day. My father
told us some stories on the way. My mother slept on the back seat. My first day in my village, I visited my
siblings and friends. We are welcomed by happiness. When I saw my parents, they
cried because they looked so happy to meet up their families. The next day, I,
my brother, my cousin and my nephew went to a popular place in Purwokerto. It
was called “Baturaden”. That was a favorite spot in Purwokerto. We enjoyed
local specialty food as culinary. I was satisfied and so were they. Next, I
took a photo with traditional music musicians.
My brother, my cousin and my
nephew enjoy the view with other visitors. They took a photo with their style
like I did. In the evening, we were back home. And did other private
activities, such as made a conversation, told the story and made a joke. The
day after tomorrow, my cousin had a ceremony to say thanks to God for blessing
their son. It was called “Nazar”. When the parents had a promise for something
and it was realized. They had to make a traditional ceremony. I watched that
traditional ceremony and took their photograph. For the last show, we were
entertained by “Ebeg”. It was traditional art. The player danced through the
traditional music and they were handled by the spirit. It was scary, but it was
fun and entertain. Time run so fast because the next day was our last day in
the village. So I took the last photo to bring it home. They were my family and
still family until the last breath in this world.
Finally,
we had to go home and brought a love experience from family. Yaps… that was the
hardest part.
PLEASE WRITE YOUR OWN EXPERIENCE USING RECOUNT TEXT!
KESIMPULAN
Setelah kalian mempelajari Text Recount , kalian dapat memahami penggunaan dan fungsi nya serta mampu mebuat text recount berdasarkan pengalaman pribadi kalian
REFERENSI
1. Buku English For Nusantara KEMENDIKBUD
Komentar
Posting Komentar