MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS : 8B DAN 8C
FASE
: D
ELEMEN
: MENYIMAK - BERBICARA
PERTEMUAN
: KE-1 (PERTAMA)
MATERI
: WRITING RECOUNT TEXT
GURU PENGAMPUH
: APRILLIA SARI, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN
: SELASA, 6 MEI 2025
CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan
bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat,
pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai
macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan
penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan
dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar
dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi,
misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi.
Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat
dan kata kerja sederhana.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa Mampu meminta Memahami Recount Text
2. Siswa Mampu Mengurutkan Text
Recount acak menjadi urutan yang tepat
Assalamualaikum wr wb
Good morning student, how are you today? Have you pray shubuh
today? For the boys please pray at the mosque and for the girls at home,
Oke now we are going to continue our lesson but before that do
you remember our last lesson? Yes you are right it is about Asking and Giving
Opinion. Now we’ll continue our lesson, lets read it first.
RECOUNT TEXT
Pengertian
- Recount text
adalah sebuah teks yang menceritakan kembali peristiwa atau aktivitas yang
terjadi di masa lampau yang pernah di alami sebelumnya
- Recount Text
adalah sebuah cerita pengalaman yang benar - benar terjadi di dalam kehidupan
kita
- Tujuan dari
Recount text itu sendiri adalah untuk menghibur atau memberi informasi kepada
pembaca.
Ciri-Ciri
Recount Text
1. Memiliki judul
yang merangkum teks. Contohnya 'My Vacation to Bali' maka
ceritanya hanya akan menceritakan seluruh liburan saat berada di bali
2. Menceritakan
peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau. Maka Recount text selalu
menggunakan past tense, contohnya 'Last month, I went to Bali with my
family.
3. Semua kejadian
yang di ceritakan harus secara berurutan. Jadi, harus memakai kata sambung
seperti 'when', 'later', 'then', 'after', 'before', dan lain lain.
Generic
Structure dari Recount Text
Generic structure
atau struktur kebahasaan dari Recount Text ini terbagi kedalam 3 susunan, yaitu
:
1.Orientation
Bagian Orientation merupakan bagian pendahuluan atau perkenalan dari text yang
akan dibahas. Karena di dalam Orientation ini menceritakan siapa saja yang
terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan
waktu terjadinya peristiwa.
2.Events
Bagian Event merupakan inti dari cerita. Pada bagian ini kita menceritakan
semua yang terjadi secara berurutan dari awal sampai selesai
3.Re-orientation
Bagian Re-orientation berisi kesimpulan dari isi cerita, atau bisa juga
merupakan pendapat pribadi dari si pencerita. Re-orientation ini bisa disebut
juga akhir atau penutup dari cerita
Types of
Recount Text (Jenis-Jenis Recount Text)
Recount text terbagi
menjadi beberapa jenis, nih, di antaranya personal recount text,
factual recount text, dan imaginative recount text. Berikut
masing-masing penjelasannya:
1. Personal
Recount Text
Personal
recount text adalah text yang berisi pengalaman
pribadi penulis. Jenis recount text satu ini merupakan yang
paling sering ditemukan dalam contoh recount text.
2. Factual
Recount Text
Factual
recount text adalah text yang berisi peristiwa yang
benar-benar terjadi (faktual), misalnya seperti laporan mengenai suatu
percobaan ilmiah, laporan forensik, atau laporan dari kepolisian. Pada factual
recount text, tidak terpaku pada kejadian pribadi ya, tapi bisa juga
kejadian yang dialami orang lain.
3. Imaginative
Recount Text
Imaginative
recount text adalah jenis recount text yang berisi
cerita imajinatif yang dialami seseorang. Cerita imajinatif ini bisa berupa
khayalan/imajinasi, atau mimpi.
EVALUASI
Please make your own Recount Text on your excercise book !
KESIMPULAN
Setelah kalian mempelajari Recount Text, kalian dapat
memahami penggunaan text recount
dan jenis - jenis nya serta dapat membuat text recount berdasarkan
pengalaman kalian
sendiri.
REFERENSI
1. Buku English For Nusantara KEMENDIKBUD
2. https://www.youtube.com/watch?v=AGaP8xVYo60
assalamualaikum widya ramadhani 8b hadir mam
BalasHapusAssalamu'alaikum alliva moza amara 8c hadir
BalasHapusassalamualaikum keisha sharfina 8b hadir mam
BalasHapusassalamualaikum nadin safa nabila 8b hadir mam
BalasHapusassalamualaikum Seiza Sarwa M 8c hadir
BalasHapusassalamualaikum Kayla Andini Z 8c hadir
BalasHapusassalamualaikum Khansaa Artika 8c hadir
BalasHapusassalamualaikum Keyla Shakira 8c hadir
BalasHapusassalamualaikum syalfa nesha aulia kelas 8b hadir mam
BalasHapusAssalamualaikum Wildan Nawa Azizan 8c hadir
BalasHapusassalamualaikum dinda adelia 8b hadir mam
BalasHapusassalamu'alaikum mam afika 8c haduiUiir
BalasHapusAssalamualaikum, Arsha Hartono Putri kelas 8B hadir mam
BalasHapusAssalamu'alaikum Naurah aliya karimah 8b hadir
BalasHapusAssalamualaikum mam, Rogaiyah 8C hadir
BalasHapusassalamualaikum bu, danish 8c hadir
BalasHapusAssalamualaikum Gibran syahdan makbul 8b hadir mam
BalasHapusassalamualaikum rafa maritza 8b hadir
BalasHapus