MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS
: 8B DAN 8C
FASE
: D
ELEMEN
: MENYIMAK - BERBICARA
PERTEMUAN
: KE-3 (TIGA)
MATERI
: WRITING RECOUNT TEXT
GURU PENGAMPUH
: APRILLIA SARI, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN :
JUMAT, 16 MEI 2025
CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan bahasa
Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat
dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam
konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian
kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi
atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam
konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi,
misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi.
Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat
dan kata kerja sederhana.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa Mampu meminta Memahami Recount Text
2. Siswa Mampu Mengurutkan Text
Recount acak menjadi urutan yang tepat
Assalamualaikum
wr wb
Good morning student, how are you today? Have you pray shubuh
today? For the boys please pray at the mosque and for the girls at home,
Oke now we are going to continue our lesson but before that do
you remember our last lesson? Yes you are right it is about Asking and Giving
Opinion. Now we’ll continue our lesson, lets read it first.
RECOUNT
TEXT
Pengertian
-
Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan kembali peristiwa atau
aktivitas yang terjadi di masa lampau yang pernah di alami sebelumnya
-
Recount Text adalah sebuah cerita pengalaman yang benar - benar terjadi di
dalam kehidupan kita
-
Tujuan dari Recount text itu sendiri adalah untuk menghibur atau memberi
informasi kepada pembaca.
Ciri-Ciri
Recount Text
1.
Memiliki judul yang merangkum teks. Contohnya 'My Vacation to Bali' maka
ceritanya hanya akan menceritakan seluruh liburan saat berada di bali
2.
Menceritakan peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau. Maka Recount text
selalu menggunakan past tense, contohnya 'Last month, I went to Bali
with my family.
3.
Semua kejadian yang di ceritakan harus secara berurutan. Jadi, harus memakai
kata sambung seperti 'when', 'later', 'then', 'after', 'before',
dan lain lain.
Generic
Structure dari Recount Text
Generic
structure atau struktur kebahasaan dari Recount Text ini terbagi kedalam 3
susunan, yaitu :
1.Orientation
Bagian Orientation merupakan bagian pendahuluan atau perkenalan dari text yang
akan dibahas. Karena di dalam Orientation ini menceritakan siapa saja yang
terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan
waktu terjadinya peristiwa.
2.Events
Bagian Event merupakan inti dari cerita. Pada bagian ini kita menceritakan
semua yang terjadi secara berurutan dari awal sampai selesai
3.Re-orientation
Bagian Re-orientation berisi kesimpulan dari isi cerita, atau bisa juga
merupakan pendapat pribadi dari si pencerita. Re-orientation ini bisa disebut
juga akhir atau penutup dari cerita
Types
of Recount Text (Jenis-Jenis Recount Text)
Recount
text terbagi menjadi beberapa jenis, nih, di antaranya personal
recount text, factual recount text, dan imaginative recount text.
Berikut masing-masing penjelasannya:
1. Personal
Recount Text
Personal
recount text adalah text yang berisi pengalaman
pribadi penulis. Jenis recount text satu ini merupakan yang
paling sering ditemukan dalam contoh recount text.
2. Factual
Recount Text
Factual
recount text adalah text yang berisi peristiwa yang
benar-benar terjadi (faktual), misalnya seperti laporan mengenai suatu
percobaan ilmiah, laporan forensik, atau laporan dari kepolisian. Pada factual
recount text, tidak terpaku pada kejadian pribadi ya, tapi bisa juga
kejadian yang dialami orang lain.
3. Imaginative
Recount Text
Imaginative
recount text adalah jenis recount text yang berisi
cerita imajinatif yang dialami seseorang. Cerita imajinatif ini bisa berupa
khayalan/imajinasi, atau mimpi.
EVALUASI
TEXT 1
Yesterday, my family and I went to the National Zoo and
Aquarium to visit the new Snow Cubs and the other animals. In the morning, when
we got to the Zoo and Aquarium there was a great big line, so we had to wait
awhile to get in.
After we entered the zoo, we
went straight to the enclosure for the Snow Cubs. My brother and I were so
excited to see them. They were so cute and playful. At lunchtime Dad decided to
cook a bbq. He cooked sausages so we could have sausage sandwiches. My Mom
forgot the tomato sauce so we had to eat them plain. In the afternoon, we
visited the aquarium. My brother was excited to see the sharks and the tropical
fish. At the end of the day when we left we were going to go and get ice cream
but we decided we were too tired so we drove straight home, but of course I was
very happy.
TEXT 2
Yesterday my family and I went to
the zoo to see the elephant. When we got to the zoo, we went to the shop to buy
some food to give to the animals
After getting the food, we went to the nocturnal house where
we saw birds and reptiles which only come out at night. Before having lunch, we
went for a ride on the elephant. It was a thrill to ride it. Dad fell off when
he let go off the rope, but he was ok.
During the lunch we fed some birds
in the park. In the afternoon we saw the animals being fed. When we returned
home we were very tired but happy. It was because we had so much fun activities
at many places at the zoo.
TEXT 3
On Wednesday, my students and I went to Yogyakarta. We
stayed at Dirgahayu Hotel which is not far from Malioboro.
On Thursday, we visited the temples in Prambanan. There are
three big temples, the Brahmana, Syiwa and Wisnu temples. They are really
amazing. We visited only Brahmana and Syiwa temples, because Wisnu temple is
being renovated.
On Friday morning we went to Yogya Kraton. We spent about
two hours there. We were lucky because we were led by a smart and friendly
guide. Then we continued our journey to Borobudur. We arrived there at four
p.m. At 5 p.m. we heard the announcement that Borobudur gate would be closed.
PLEASENTRANSLATE THE TEXT ABOVE INTO BAHASA INDONESIA !
(SILAHKAN TERJEMAHKAN TEXT DIATAS KE DALAM BAHASA INDONESIA
!
KESIMPULAN
Setelah kalian mempelajari Recount Text, kalian dapat
memahami penggunaan text recount
dan jenis - jenis nya serta dapat membuat text recount berdasarkan
pengalaman kalian
sendiri.
REFERENSI
1. Buku English For Nusantara KEMENDIKBUD
2. https://www.youtube.com/watch?v=AGaP8xVYo60
Komentar
Posting Komentar