MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS : 8B DAN 8C
FASE : D
ELEMEN : MENYIMAK - BERBICARA
PERTEMUAN : KE-3 (TIGA)
MATERI : WRITING RECOUNT TEXT
GURU PENGAMPUH : APRILLIA SARI, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN : SELASA, 13 MEI 2025
CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa Mampu meminta Memahami Recount Text
2. Siswa Mampu Mengurutkan Text Recount acak menjadi urutan yang tepat
Assalamualaikum wr wb
Good morning student, how are you today? Have you pray shubuh today? For the boys please pray at the mosque and for the girls at home,
Oke now we are going to continue our lesson but before that do you remember our last lesson? Yes you are right it is about Asking and Giving Opinion. Now we’ll continue our lesson, lets read it first.
RECOUNT TEXT
Pengertian
- Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan kembali peristiwa atau aktivitas yang terjadi di masa lampau yang pernah di alami sebelumnya
- Recount Text adalah sebuah cerita pengalaman yang benar - benar terjadi di dalam kehidupan kita
- Tujuan dari Recount text itu sendiri adalah untuk menghibur atau memberi informasi kepada pembaca.
Ciri-Ciri Recount Text
1. Memiliki judul yang merangkum teks. Contohnya 'My Vacation to Bali' maka ceritanya hanya akan menceritakan seluruh liburan saat berada di bali
2. Menceritakan peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau. Maka Recount text selalu menggunakan past tense, contohnya 'Last month, I went to Bali with my family.
3. Semua kejadian yang di ceritakan harus secara berurutan. Jadi, harus memakai kata sambung seperti 'when', 'later', 'then', 'after', 'before', dan lain lain.
Generic Structure dari Recount Text
Generic structure atau struktur kebahasaan dari Recount Text ini terbagi kedalam 3 susunan, yaitu :
1.Orientation
Bagian Orientation merupakan bagian pendahuluan atau perkenalan dari text yang akan dibahas. Karena di dalam Orientation ini menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan waktu terjadinya peristiwa.
2.Events
Bagian Event merupakan inti dari cerita. Pada bagian ini kita menceritakan semua yang terjadi secara berurutan dari awal sampai selesai
3.Re-orientation
Bagian Re-orientation berisi kesimpulan dari isi cerita, atau bisa juga merupakan pendapat pribadi dari si pencerita. Re-orientation ini bisa disebut juga akhir atau penutup dari cerita
Types of Recount Text (Jenis-Jenis Recount Text)
Recount text terbagi menjadi beberapa jenis, nih, di antaranya personal recount text, factual recount text, dan imaginative recount text. Berikut masing-masing penjelasannya:
1. Personal Recount Text
Personal recount text adalah text yang berisi pengalaman pribadi penulis. Jenis recount text satu ini merupakan yang paling sering ditemukan dalam contoh recount text.
2. Factual Recount Text
Factual recount text adalah text yang berisi peristiwa yang benar-benar terjadi (faktual), misalnya seperti laporan mengenai suatu percobaan ilmiah, laporan forensik, atau laporan dari kepolisian. Pada factual recount text, tidak terpaku pada kejadian pribadi ya, tapi bisa juga kejadian yang dialami orang lain.
3. Imaginative Recount Text
Imaginative recount text adalah jenis recount text yang berisi cerita imajinatif yang dialami seseorang. Cerita imajinatif ini bisa berupa khayalan/imajinasi, atau mimpi.
EVALUASI
TEXT 1
Yesterday, my family and I went to the
National Zoo and Aquarium to visit the new Snow Cubs and the other animals. In
the morning, when we got to the Zoo and Aquarium there was a great big line, so
we had to wait awhile to get in.
After
we entered the zoo, we went straight to the enclosure for the Snow Cubs. My
brother and I were so excited to see them. They were so cute and playful. At
lunchtime Dad decided to cook a bbq. He cooked sausages so we could have
sausage sandwiches. My Mom forgot the tomato sauce so we had to eat them plain.
In the afternoon, we visited the aquarium. My brother was excited to see the
sharks and the tropical fish. At the end of the day when we left we were going
to go and get ice cream but we decided we were too tired so we drove straight
home, but of course I was very happy.
TEXT 2
Yesterday my family and I went to the zoo to see the
elephant. When we got to the zoo, we went to the shop to buy some food to give
to the animals
After getting the food, we went to the nocturnal
house where we saw birds and reptiles which only come out at night. Before
having lunch, we went for a ride on the elephant. It was a thrill to ride it.
Dad fell off when he let go off the rope, but he was ok.
During the lunch we fed some birds in the park. In the
afternoon we saw the animals being fed. When we returned home we were very
tired but happy. It was because we had so much fun activities at many places at
the zoo.
TEXT 3
On Wednesday, my students and I went to
Yogyakarta. We stayed at Dirgahayu Hotel which is not far from Malioboro.
On Thursday, we visited the temples in
Prambanan. There are three big temples, the Brahmana, Syiwa and Wisnu temples.
They are really amazing. We visited only Brahmana and Syiwa temples, because
Wisnu temple is being renovated.
On Friday morning we went to Yogya Kraton. We
spent about two hours there. We were lucky because we were led by a smart and
friendly guide. Then we continued our journey to Borobudur. We arrived there at
four p.m. At 5 p.m. we heard the announcement that Borobudur gate would be
closed.
PLEASENTRANSLATE THE TEXT ABOVE INTO BAHASA INDONESIA !
(SILAHKAN TERJEMAHKAN TEXT DIATAS KE DALAM BAHASA INDONESIA !
Setelah kalian mempelajari Recount Text, kalian dapat memahami penggunaan text recount dan jenis - jenis nya serta dapat membuat text recount berdasarkan pengalaman kalian sendiri.
REFERENSI
1. Buku English For Nusantara KEMENDIKBUD
Komentar
Posting Komentar