MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS : 8C
FASE : D
ELEMEN : MENYIMAK - BERBICARA
PERTEMUAN : KE-3 (TIGA)
MATERI : RECOUNT TEXT (SPEAKING)
GURU PENGAMPUH : APRILLIA SARI, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN : JUMAT, 14 FEBRUARI 2025
CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mampu membuat pertanyaan sederhana tentang kejadian atau peristiwa masa lalu
2. Mampu mengungkapkan pertanyaan tentang kejadian atau peristiwa masa lalu kepada teman nya
Assalamualaikum wr wb
Good morning student, how are you today? Have you pray shubuh today? For the boys please pray at the mosque and for the girls at home,
Oke now we are going to continue our lesson but before that do you remember our last lesson? Yes you are right it is about Past Tense. Now we’ll continue our lesson, lets read it first.
RECOUNT TEXT
Mengajukan pertanyaan dengan menggunakan pertanyaan untuk mendapatkan rincian tentang kejadian masa lalu berarti menggunakan kata tanya yang spesifik untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut tentang suatu peristiwa atau kejadian tertentu yang telah terjadi.
Pertanyaan tanya digunakan untuk menanyakan siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana dari kejadian tersebut.
Asking for Details of a Past Incident with Interrogative Questions.
Yes or no questions for past incidents :
1. ‘Yes/No’ Questions with ‘Did’
-Did you swim in the river?
- Did people throw their trash into this river?
- We use Did because there is a verb ‘Swim”
2. ‘Yes/No’ Questions with ‘was/ were’
- Was the river this dirty back then?
- Were there many children in the river?
We use Was for : I, She, He and It
We use Were for : They, We and You
Cara berikutnya menggunakan WH-Questions
1. What : to ask for detail about something
2. When : to ask for detail about time
3. Where : to ask for detail about place
4. Why : to ask for detail about the reason
5. How : to ask for detail about the way something happens or the way something is done.
- The rule is the same, if there any verb we add ‘Did’, While if no main verb we add ‘Was’ or ‘Were”
Example :
- How did it happen ?
- How much plastic was there in this oceans
Seringkali kita menceritakan kejadian di masa lalu ada dua kejadian atau lebih kita dapat meggabunkan kedua kalimat tersebut menggunakan ‘When”
Contoh :
- A team of scientist from Texas University helped an injured sea turtle when they sailed in the ocean
- Melati and Isabel were only 12 and 10 years old when they decided to tackle plastic pollution
EVALUASI
YOU"LL BE GIVEN THE SITUATION, PLEASE USE THE SITUATION GIVEN TO ASK YOUR FRIEND, THE SITUATION WILL BE GIVEN IN THE CLASS!
(KALIAN AKAN DIBERIKAN SITUASI UNTUK MEMBUAT PERCAKAPAN, SILAHKAN GUNAKAN SITUASI TERSEBUT UNTUK SALING BERTANYA, SITUASI AKAN DIBERIKAN DIKELAS !)
KESIMPULAN
Setelah mempelajari Ricount Text kalian dapat mengetahui bahwa reout text adalah text yang menceritakan pengalaman pribadi penulis nya dan dalam pembelajaran ini kalian akan membuat percakapan menggunakan recount text tersebut.
REFERENSI
1. Buku English For Nusantara KEMENDIKBUD
Komentar
Posting Komentar