MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS
: 8C
FASE
: D
ELEMEN
: MENYIMAK - BERBICARA
PERTEMUAN
: KE-1 (PERTAMA)
MATERI
: RECOUNT TEXT (SPEAKING)
GURU PENGAMPUH
: APRILLIA SARI, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN : JUMAT, 7 FEBRUARI 2025
CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir Fase D, peserta
didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide,
pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang
lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan
pengulangan dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan
detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik
yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka
terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan
menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka
menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mampu membuat pertanyaan sederhana tentang kejadian atau
peristiwa
masa lalu
2. Mampu mengungkapkan pertanyaan tentang
kejadian atau peristiwa masa lalu
kepada teman nya
Assalamualaikum
wr wb
Good morning student, how are you today? Have
you pray shubuh today? For the boys please pray at the mosque and for the girls
at home,
Oke now we are going to continue our lesson
but before that do you remember our last lesson? Yes you are right it is about
Past Tense. Now we’ll continue our lesson, lets read it first.
RECOUNT
TEXT
Mengajukan pertanyaan
dengan menggunakan pertanyaan untuk mendapatkan rincian tentang kejadian masa
lalu berarti menggunakan kata tanya yang spesifik untuk mengumpulkan informasi
lebih lanjut tentang suatu peristiwa atau kejadian tertentu yang telah terjadi.
Pertanyaan tanya
digunakan untuk menanyakan siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana
dari kejadian tersebut.
Asking for Details of a
Past Incident with Interrogative Questions.
Yes or no questions for
past incidents :
1. ‘Yes/No’ Questions with
‘Did’
-Did you swim in the river?
- Did people throw their trash into this
river?
- We use Did because
there is a verb ‘Swim”
2. ‘Yes/No’ Questions with ‘was/
were’
- Was the river this dirty back
then?
- Were there many children in the
river?
We use Was for : I, She,
He and It
We use Were for : They,
We and You
Cara berikutnya
menggunakan WH-Questions
1. What : to ask for
detail about something
2. When : to ask for
detail about time
3. Where : to ask for
detail about place
4. Why : to ask for
detail about the reason
5. How : to ask for
detail about the way something happens or the way something is done.
- The rule is the same,
if there any verb we add ‘Did’, While if no main verb we add ‘Was’ or ‘Were”
Example :
- How did it happen ?
- How much plastic was
there in this oceans
Seringkali kita
menceritakan kejadian di masa lalu ada dua kejadian atau lebih kita dapat
meggabunkan kedua kalimat tersebut menggunakan ‘When”
Contoh :
- A team of scientist
from Texas University helped an injured sea turtle when they sailed in the
ocean
- Melati and Isabel were
only 12 and 10 years old when they decided to tackle plastic pollution
EVALUASI
YOU"LL BE GIVEN THE SITUATION, PLEASE USE
THE SITUATION GIVEN TO ASK YOUR FRIEND, THE SITUATION WILL BE GIVEN IN THE
CLASS!
(KALIAN AKAN DIBERIKAN SITUASI UNTUK MEMBUAT
PERCAKAPAN, SILAHKAN GUNAKAN SITUASI TERSEBUT UNTUK SALING BERTANYA, SITUASI
AKAN DIBERIKAN DIKELAS !)
KESIMPULAN
Setelah mempelajari
Ricount Text kalian dapat mengetahui bahwa reout text adalah text yang
menceritakan pengalaman pribadi penulis nya dan dalam pembelajaran ini kalian
akan membuat percakapan menggunakan recount text tersebut.
REFERENSI
1. Buku English For
Nusantara KEMENDIKBUD
2. https://www.ruangguru.com/blog/aspects-of-recount-text
Komentar
Posting Komentar