MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS : 8A,8B DAN 8D
FASE : D
ELEMEN : MENYIMAK - BERBICARA
PERTEMUAN : KE-1 (PERTAMA)
MATERI : RECOUNT TEXT (READING)
GURU PENGAMPUH : APRILLIA SARI, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN : SENIN, 17 FEBRUARI 2025
CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mampu memahami generic structure Recount Text
2. Mampu mengidentifikasi ide utama dari Recount
Text
3. Mampu Mengidentifikasi informasi rinci dari
Recount Text
Assalamualaikum wr wb
Good morning student, how are you today? Have you pray shubuh today? For the boys please pray at the mosque and for the girls at home,
Oke now we are going to continue our lesson but before that do you remember our last lesson? Yes you are right it is about Recount Text. Now we’ll continue our lesson, lets read it first.
RECOUNT TEXT
Pengertian
- Recount text adalah sebuah teks yang
menceritakan kembali peristiwa atau aktivitas yang terjadi di masa lampau yang
pernah di alami sebelumnya
- Recount Text adalah sebuah cerita pengalaman
yang benar - benar terjadi di dalam kehidupan kita
- Tujuan dari Recount text itu sendiri adalah
untuk menghibur atau memberi informasi kepada pembaca.
Ciri-Ciri Recount Text
1. Memiliki judul yang merangkum teks.
Contohnya 'My Vacation to Bali' maka ceritanya hanya akan
menceritakan seluruh liburan saat berada di bali
2. Menceritakan peristiwa yang sudah terjadi di
masa lampau. Maka Recount text selalu menggunakan past tense, contohnya 'Last
month, I went to Bali with my family.
3. Semua kejadian yang di ceritakan harus secara
berurutan. Jadi, harus memakai kata sambung seperti 'when', 'later',
'then', 'after', 'before', dan lain lain.
Ciri-Ciri Recount Text
1. Memiliki judul yang merangkum teks.
Contohnya 'My Vacation to Bali' maka ceritanya hanya akan
menceritakan seluruh liburan saat berada di bali
2. Menceritakan peristiwa yang sudah terjadi di
masa lampau. Maka Recount text selalu menggunakan past tense, contohnya 'Last
month, I went to Bali with my family.
3. Semua kejadian yang di ceritakan harus secara
berurutan. Jadi, harus memakai kata sambung seperti 'when', 'later',
'then', 'after', 'before', dan lain lain.
Types of Recount Text (Jenis-Jenis Recount
Text)
Recount text terbagi menjadi
beberapa jenis, nih, di antaranya personal recount text, factual
recount text, dan imaginative recount text. Berikut
masing-masing penjelasannya:
1. Personal Recount Text
Personal recount text adalah text yang
berisi pengalaman pribadi penulis. Jenis recount text satu ini
merupakan yang paling sering ditemukan dalam contoh recount text.
2. Factual Recount Text
Factual recount text adalah text yang
berisi peristiwa yang benar-benar terjadi (faktual), misalnya seperti laporan
mengenai suatu percobaan ilmiah, laporan forensik, atau laporan dari
kepolisian. Pada factual recount text, tidak terpaku pada kejadian
pribadi ya, tapi bisa juga kejadian yang dialami orang lain.
3. Imaginative Recount Text
Imaginative recount text adalah
jenis recount text yang berisi cerita imajinatif yang dialami
seseorang. Cerita imajinatif ini bisa berupa khayalan/imajinasi, atau mimpi.
Language Features of Recount Text (Kaidah
Kebahasaan Recount Text)
1. Menggunakan Simple Past Tense
Kenapa harus Simple Past Tense?
Karena kejadian yang diceritakan adalah kejadian yang terjadi di masa lampau,
jadi kita harus menggunakan tense yang berfungsi untuk
mengungkapkan kejadian yang terjadi di masa lampau yakni Simple Past
Tense.
Masih ingat kan, sama pola kalimat Simple
Past Tense? Pola kalimat Simple Past Tense ada dua macam, yakni:
1. Subject + Verb 2
Contoh: I ran.
2. Subject + be + Complement
Contoh: It was hard.
2. Menggunakan Adverb of Time dan Adverb
of Sequence
Selain itu, dalam membuat recount
text, kamu juga bisa menggunakan berbagai adverb atau
kata keterangan,
seperti kata keterangan waktu (Adverb of Time) dan kata
keterangan urutan (Adverb of Sequence).
Example
Holiday in Santolo Beach
When Idul
Fitri holiday, after visiting my parent at Pameungpeuk, Garut, I and my family
went to Santolo Beach to refresh our mind after the long time of work. It's
rarely to take a vacation because I'm very busy.
The way to
Santolo beach is quite good, and the view is really beautiful. On our left and
right is full of rice fields and many coconut trees along the way. But when we
nearly arrived, there was a long traffic jam so we hardly to get in into the
beach. I guess this was because of the Idul Fitri holiday, so people want to go
to beach too. Then we just take a walk to the beach because it was not far.
Fortunately the weather was not too hot on that day.
After we
arrived, the beach was so crowded. But we still enjoyed the time by took
pictures, swimming, playing sand, and go around the beach by boat. We stay
overnight in the inn that we have rent before.
We got up so
early in the morning that we could enjoy sunrise landscape at the beach. My
cousin playing with white sand and I took a picture of him.
A day at
Santolo beach felt so short, we were quite tired for playing a whole day, but
we were very happy.
EVALUASI
1. Where did the writer go on Idul Fitri Holiday ?
2. How was the way to Santo Beach ?
3. What is the main idea of the third paragraph
?
4. hat did the writer and his family do in the
beach ?
KESIMPULAN
Setelah mempelajari Recount Text kalian dapat mengetahui bahwa recout text adalah text yang menceritakan pengalaman pribadi penulis nya dan dalam pembelajaran ini kalian akan membaca Recount Text dan mencari jawaban berdasarkan text bacaan yang diberikan.
REFERENSI
1. Buku English For Nusantara KEMENDIKBUD
Komentar
Posting Komentar