PAST TENSE KELAS 8

 

MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS

KELAS : VIII D

MATERI : PAST TENSE

PERTEMUAN KE : 3 DARI 4 PERTEMUAN

GURU PENGAMPU : APRILLIA SARI, S.Pd.

WAKTU PEMBELAJARAN :  28 Maret 2024

 

KD 3.10 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense)


4.10 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

TUJUAN PEMBELAJARAN :

  Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:  

- Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple past tense)

 

Good morning sholeh and sholeha, how are you today? I hope you are oke, now please read our material bellow, I hope you will understand, if you still do not understand you can contact me, thank you.

Mengingatkan untuk materi yang kita pelajari minggu lalu adalah Degree of comparison

sekarang kita lanjukan materi berikut nya yaitu:


PAST TENSE

  SIMPLE PAST TENSE

Simple past tense, terkadang disebut preterite, digunakan untuk membicarakan kejadian yang sudah selesai di waktu sebelum sekarangSimple past adalah bentuk dasar dari past tense dalam bahasa Inggris. Kejadian dapat terjadi belum lama di masa lalu atau sudah lama di masa lalu, dan durasi kejadiannya tidak penting.

 

  Rumus Simple Past Tense

Untuk membentuk kalimat simple past tense, rumusnya adalah sebagai berikut

 

  S + Verb 2 + O

 

Dalam kalimat simple past tense, kata kerja / verb yang digunakan merupakan bentuk kata kerja  kedua. Terdapat 2 jenis kata kerja / Verb, yakni Regular Verb dan Irregular Verb. Untuk regular verb, tambahkan -ed / -d dibelakang setelah kata kerja bentuk pertama. Sebagai contoh

  ·         Stay -> stayed (Tinggal)

  ·         Punch -> Punched (Memukul)

  ·         Play -> Played (Bermain)

  ·         Touch -> Touched (Menyentuh)

 

  Contoh Kalimat Simple Past Tense Affirmative

 

  Contoh kalimat simple past tense positif :

1. Adzra went to Bali for holiday last Sunday (Minggu kemarin, Adzra pergi ke Bali untuk berlibur)

2. She joined english club class at school yesterday. (Kemarin, dia bergabung kedalam klub bahasa Inggris di sekolah).

 

 

  Contoh kalimat simple past tense negative

 Untuk membentuk kalimat simple past tense negatif, rumusnya adalah sebagai berikut

  S + did + not + Verb 1

                                                atau

  S + To Be (Was / Were) + not

 

Berikut ini adalah contoh kalimatnya :

1.  I did not sleep well last night, (Aku tidak bisa tidur dengan nyenyak, tadi malam).

2. Lidya did not come to the office yesterday. (Lidya tidak datang ke kantor, kemarin)

 

 

  Contoh Kalimat Simple Past Tense Interogative

 Untuk membentuk kalimat simple past tense interogative, rumusnya adalah sebagai berikut

 

  Did + S + Verb 1

                                atau

  Was / Were + S

 

  Berikut ini adalah contoh kalimat tanya simple past tense :

1. Did you see my bag on the table ? (Apakah kamu melihat tas ku di atas meja ?)

2. Did the student come to school ? (Apakah para murid datang ke sekolah ?)


EXERCISES :

Make five sentences using Past Tense

  

KESIMPULAN:


Past Tense adalah tensis yang digunakan untuk kegiatan lampau atau sudah terjadi.


Komentar