ADVERTISEMENT KELAS 9

 

MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS

KELAS : IX B, C dan D

MATERI : ADVERTISEMENT

PERTEMUAN KE 3 DARI 4 PERTEMUAN

GURU PENGAMPU : APRILLIA SARI, S.Pd.

WAKTU PEMBELAJARAN : 28 MARET 2024

 

KD 3.10 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk  iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.10 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan, pendek dan sederhana, terkait produk dan jasa

 

 TUJUAN PEMBELAJARAN


1. Peserta didik mampu  menjelaskan informasi terkait fungsi sosial yang
terkandung dalam teks advertisement.

2. Peserta didik mampu membandingkan fungsi sosial beberapa teks advertisement dalam bentuk goods dan service

3. Peserta didik mampu membuat  sebuah teks advertisement sederhana

4. Peserta didik mampu mempresentasikan advertisement 

 

Good morning sholeh and sholeha, how are you today? I hope you are oke, now please read our material bellow, I hope you will understand, if you still do not understand you can contact me, thank you.

Mengingatkan untuk materi yang kita pelajari minggu lalu adalah Report Text dan sekarang kita lanjutkan ke materi berikut nya.

                 

ADVERTISEMENT

ž  DEFINITION

Advertisement is a form of text or writing that announces something with the
aim of attracting interest or attention from people who see or read it.

 

GENERIC STRUCTURE

1. Title

The title is describes a summary or is the main topic of the Advertisement

For Example : Buy one get one free!

2. Explanation

The explanation is contains all
information about the Advertisement itself, which can be what the product
is, who should use it, how to use it, and so on.

 

SOCIAL FUNCTION

1. Giving an information
2. To influence or to persuade
3. To give the impression
4. Communication tool

LANGUAGE FEATURES

  1. Simple sentence
  2. Persuasive
  3. Imperative
  4. Informative

 

TYPES OF ADVERTISEMENT

1. Text and Picture (tulisan dan gambar)

Iklan yang satu ini biasanya banyak kita temui di koran, brosur, atau baliho. Kamu juga bisa melihat banyak iklan berbentuk tulisan dan gambar ini di media sosial.

2. Audio (suara)

Jenis iklan berbentuk suara biasanya umum digunakan di radio atau di podcast. Pasti pernah ‘kan lagi dengerin podcast terus kepotong iklan?

3. Video

iklan juga bisa berupa video seperti di televisi atau di Youtube

 

Aspects of Advertisement

1. Name of the product

Nama produk biasanya memiliki ukuran tulisan yang paling besar, sehingga pembaca bisa langsung mengenal apa produk yang diiklankan.

2. Description of the product

Bagian ini berisi informasi yang lebih detail mengenai barang dan jasa yang ditawarkan.

3. Contact details

Bagian ini berisi informasi tentang orang yang bisa dihubungi supaya bisa dapat informasi lebih tentang produknya

4. Catchy language

Salah satu ciri dari catchy language adalah penggunaan adjective atau kata sifat yang menarik perhatian

 

EXAMPLE

ž  SUMMER PARADISE, ROCK HIGHLANDS, MALANG

ž  Breakfast is provided free of charge.

ž  We also have special discounts on food and drinks at our restaurant for all registered guests. On top of that, there's a fifty percent discount for children below 12 at our restaurant.

ž  We are located close to the apple garden and butterfly farm. You can also see the sunset and sunrise from your room. Children would also be entitled to free horse riding lesson every morning.

ž  Rp 430,000 per night

ž  Reservation: (0341) 7689980

ž  E- mail: summerparadise@yahoo.com

ž  Who is the fifty percent discount given to?

A. All registered guests  C. 11 year old children               

B. 14 year old children   D. Adult people


EXCERCISES:

Please do the excercises given in the class!

 


Komentar