MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS : IX B, C dan D
MATERI : ADVERTISEMENT
PERTEMUAN KE 3 DARI 4 PERTEMUAN
GURU PENGAMPU : APRILLIA SARI, S.Pd.
WAKTU PEMBELAJARAN : 28 MARET 2024
KD 3.10 Membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk iklan dengan memberi dan meminta
informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.10 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan, pendek dan sederhana, terkait produk
dan jasa
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik
mampu menjelaskan informasi terkait
fungsi sosial yang
terkandung dalam teks advertisement.
2. Peserta didik
mampu membandingkan fungsi sosial beberapa teks advertisement dalam bentuk
goods dan service
3. Peserta didik
mampu membuat sebuah teks advertisement
sederhana
4. Peserta didik
mampu mempresentasikan advertisement
Good morning sholeh and sholeha, how are you today? I hope you are oke, now please read our material bellow, I hope you will understand, if you still do not understand you can contact me, thank you.
Mengingatkan untuk materi yang kita pelajari minggu lalu adalah Report Text dan sekarang kita lanjutkan ke materi berikut nya.
ADVERTISEMENT
DEFINITION
Advertisement is
a form of text or writing that announces something with the
aim of attracting interest or attention from people who see or read it.
GENERIC STRUCTURE
1. Title
The title is
describes a summary or is the main topic of the Advertisement
For Example : Buy
one get one free!
2. Explanation
The explanation
is contains all
information about the Advertisement itself, which can be what the product
is, who should use it, how to use it, and so on.
SOCIAL FUNCTION
1. Giving an
information
2. To influence or to persuade
3. To give the impression
4. Communication tool
LANGUAGE FEATURES
- Simple sentence
- Persuasive
- Imperative
- Informative
TYPES OF
ADVERTISEMENT
1. Text and
Picture (tulisan dan gambar)
Iklan yang satu
ini biasanya banyak kita temui di koran, brosur, atau baliho. Kamu juga bisa
melihat banyak iklan berbentuk tulisan dan gambar ini di media sosial.
2. Audio
(suara)
Jenis iklan
berbentuk suara biasanya umum digunakan di radio atau di podcast. Pasti
pernah ‘kan lagi dengerin podcast terus kepotong iklan?
3. Video
iklan juga bisa
berupa video seperti di televisi atau di Youtube
Aspects of
Advertisement
1. Name of the product
Nama produk
biasanya memiliki ukuran tulisan yang paling besar, sehingga pembaca bisa
langsung mengenal apa produk yang diiklankan.
2. Description of the product
Bagian ini berisi
informasi yang lebih detail mengenai barang dan jasa yang ditawarkan.
3. Contact
details
Bagian ini berisi
informasi tentang orang yang bisa dihubungi supaya bisa dapat informasi lebih
tentang produknya
4. Catchy
language
Salah satu ciri
dari catchy language adalah penggunaan adjective atau kata sifat
yang menarik perhatian
EXAMPLE
SUMMER
PARADISE, ROCK HIGHLANDS, MALANG
Breakfast
is provided free of charge.
We
also have special discounts on food and drinks at our restaurant for all
registered guests. On top of that, there's a fifty percent discount for
children below 12 at our restaurant.
We
are located close to the apple garden and butterfly farm. You can also see the
sunset and sunrise from your room. Children would also be entitled to free
horse riding lesson every morning.
Rp
430,000 per night
Reservation:
(0341) 7689980
E-
mail: summerparadise@yahoo.com
Who
is the fifty percent discount given to?
A. All
registered guests C. 11 year old
children
B. 14 year
old children D. Adult people
EXCERCISES:
Please do the excercises given in the class!
Komentar
Posting Komentar