MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS : IX (SEMBILAN) A-B-C-D-E-F
GURU PENGAMPU : APRILLIA SARI, S.Pd
WAKTU PEMBELAJARAN : 4 Mei 2023
KISI-KISI PENULISAN SOAL LUS/US
TAPEL 2022/2023
Jenis Sekolah : SMP/MTs
Jumlah Soal : 50 Butir
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Bentuk Soal/ tes : Pilihan Ganda
Alokasi Waktu : 120 menit
Kisi-Kisi Penulisan Soal
No |
Kompetensi Dasar |
IPK |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Jlh Soal |
No Soal |
Paket soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
|
1 |
KD 3.1/ Kelas 7 |
Unsur Kebahasaan Merespon permintaan maaf |
Dialog: Permintaan Maaf |
Diberikan sebuah dialog pendek rumpang berisi respon ungkapan permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi respon terhadap permintaan maaf tersebut dengan tepat. |
C1 Mengidentifikasi |
1 |
1 |
MKKS |
2 |
KD 3.2/ Kelas 7 |
Unsur Kebahasaan Mengidentifikasi informasi tersirat tentang waktu terjadinya dialog
|
Dialog: Jati Diri |
Diberikan sebuah dialog pendek tentang jati diri, siswa dapat mengidentifikasi informasi tersirat tentang waktu terjadinya dialog. |
C2 Menarik Inferensi/ Menyimpulkan |
1 |
2 |
MKKS |
3 |
KD 3.3/ Kelas 7 |
Unsur Kebahasaan Mengidentifikasi ungkapan informasi tentang waktu dengan tepat
|
Dialog: Waktu |
Diberikan sebuah dialog pendek dengan pertanyaan tentang waktu, siswa dapat mengidentifikasi penulisan informasi tentang waktu dengan tepat. |
C1 Menuliskan |
1 |
3 |
MKKS |
4 |
KD 3.4/ Kelas 7 |
Unsur Kebahasaan Melengkapi teks deskripsi tentang suatu benda dengan kata ganti yang tepat.
|
Descriptive Text |
Diberikan sebuah teks deskripsi rumpang pendek tentang suatu benda, siswa dapat melengkapinya dengan kata ganti yang tepat.. |
C3 Melengkapi |
1 |
4 |
MKKS |
5 |
Unsur Kebahasaan Menemukan informasi tersirat dalam teks deskripsi tentang benda |
Diberikan sebuah teks deskripsi tentang benda, siswa dapat menemukan informasi tersirat dalam teks. |
C2 Menarik Inferensi/ menyimpulkan |
1 |
5 |
SEKOLAH |
||
6 |
Struktur Teks Menentukan generic structure/ bagian dari teks deskripsi |
Diberikan sebuah teks deskripsi pendek tentang suatu hewan, siswa dapat menentukan bagian unsur pembangunyang ditanyakan pada teks tersebut dengan benar. |
C3 Menentukan |
1 |
6 |
SEKOLAH |
||
7 |
Fungsi Sosial Menjelaskan tujuan komunikatif dari penulisan teks. |
Diberikan sebuah deskripsi pendek tentang orang siswa dapat menjelaskan tujuan komunikatif dari teks tersebut dengan benar. |
C2 Menjelaskan |
1 |
7 |
SEKOLAH |
||
8 |
Unsur Kebahasaan Menentukan persamaan kata yang tepat pada sebuah kalimat deskriptif. |
Diberikan sebuah deskripsi pendek tentang orang, siswa dapat menentukan persamaan kata yang tepat pada sebuah kalimat deskriptif. |
C2 Memahami |
1 |
8
|
SEKOLAH |
||
9 |
|
Struktur Teks Mengurutkan kalimat-kalimat acak menjadi sebuah paragraf. |
Diberikan 5 kalimat acak tentang deskripsi hewan, siswa dapat menyusun kalimat tersebut dengan urutan dengan benar |
C3 Mengurutkan |
1 |
9 |
SEKOLAH |
|
10 |
KD 3.5/ Kelas 7 |
Fungsi Sosial Menganalisis tema lagu
|
Lirik Lagu |
Diberikan sebuah bait lirik lagu, siswa dapat menganalisis makna dari bait dalam lagu tersebut dengan benar. |
C4 Menganalisis |
1 |
10 |
MKKS |
11 |
KD 3.1/ Kelas 8 |
Unsur Kebahasaan Menyebutkan kata bantu/ modal yang tepat sesuai konteks dialog |
Dialog: Keharusan |
Diberikan sebuah dialog berisi keharusan melakukan suatu tindakan, siswa dapat melengkapi respon dengan menyebutkan bentuk kata bantu/modal yg tepat sesuai konteks dalam dialog tersebut. |
C1 Menyebutkan |
1 |
11 |
SEKOLAH |
12 |
Fungsi Sosial Memprediksi maksud dari larangan |
Dialog: Larangan |
Diberikan sebuah dialog berisi ungkapan larangan, siswa dapat memperkirakan secara logis maksud dari larangan tersebut |
C2 memperkirakan |
1 |
12 |
SEKOLAH |
|
13 |
Unsur Kebahasaan Menerapkan respon ungkapan himbauan dengan tepat
|
Dialog: Himbauan |
Diberikan sebuah dialog rumpang pendek tentang suatu masalah, siswa dapat menerapkan respon ungkapan himbauan yang paling tepat untuk melengkapi dialog |
C3 menerapkan |
1 |
13 |
SEKOLAH |
|
14 |
KD 3.2/ Kelas 8 |
Struktur Teks Memperkirakan hubungan pengirim kartu ucapan |
Greeting Card |
Diberikan sebuah teks kartu ucapan selamat, siswa dapat memperkirakan dengan logis hubungan pengirim kartu tersebut dengan yang dikirimi kartu. |
C2 Memperkirakan |
1 |
14 |
SEKOLAH |
15 |
Unsur Kebahasaan Menemukan informasi tersurat yang ditanyakan dengan benar |
Diberikan sebuah teks ucapan terkait hari spesial, siswa dapat menemukan informasi tersurat yang ditanyakan dengan benar. |
C1 Menemukan |
1 |
15 |
SEKOLAH |
||
16 |
Unsur Kebahasaan Menentukan lawan kata (kerja) dengan tepat |
Diberikan sebuah teks ucapan terkait hari spesial, siswa dapat menentukan lawan kata (kerja) dengan tepat. |
C2 Memperkirakan |
1 |
16 |
SEKOLAH |
||
17 |
KD 3.3 / Kelas 8 |
Fungsi Sosial Menyimpulkan ide pokok dari teks recount tersebut dengan benar. |
Recount Text |
Diberikan sebuah teks recount pendek, siswa dapat menyimpulkan ide pokok dari teks tersebut dengan benar. |
C2 Memahami / Menyimpulkan |
1 |
17 |
MKKS |
18 |
Fungsi Sosial Mengidentifikasi tujuan komunikatif penulisan teks recount dengan benar. |
Diberikan sebuah teks recount pendek, siswa dapat mengidentifikasi tujuan komunikatif teks tersebut dengan benar. |
C2 Memahami |
1 |
18 |
MKKS |
||
19 |
Struktur Teks mengidentifikasi informasi tersurat yang ditanyakan dengan benar.
|
Diberikan sebuah teks recount pendek, siswa dapat mengidentifikasi informasi tersurat yang ditanyakan dengan benar. |
C1 2Mngidentifikasi |
3 |
19;20; 21 |
SEKOLAH |
||
20 |
Struktur Teks Menemukan informasi tersirat dalam teks recount tersebut dengan benar. |
Diberikan sebuah teks recount pendek, siswa dapat menemukan informasi tersirat dalam teks tersebut dengan benar.
|
C4 Menganalisis
|
1 |
22 |
MKKS |
||
21 |
Unsur Kebahasaan Menyusun kata acak pada kalimat dari teks recount dengan benar. |
Diberikan sebuah kalimat dengan 8 – 10 kata acak dari teks recunt, siswa dapat menyusun kembali kalimat tersebut dengan benar. |
C3 Mengurutkan |
1 |
23 |
MKKS |
||
22 |
KD 3.4 / Kelas 8 |
Unsur Kebahasaan Menganalisis untuk siapa lagu tersebut dinyanyikan dengan tepat. |
Lirik Lagu |
Diberikan sebuah lirik lagu, siswa dapat menganalisis untuk siapa lagu tersebut dtujukan dengan tepat. |
C4 Menganalisis
|
1 |
24 |
SEKOLAH |
23 |
Unsur Kebahasaan Menentukan rujukan kata ganti pada teks lirik lagu dengan tepat. |
Diberikan sebuah bait lirik lagu, siswa dapat menentukan rujukan kata ganti dengan tepat. |
C3 Menerapkan |
1 |
25 |
SEKOLAH |
||
24 |
KD 3.1 / Kelas 9 |
Fungsi Sosial Menyimpulkan maksud pembicara tertentu pada teks dialog berisi ungkapan harapan dengan tepat. |
Dialog: Harapan/doa |
Diberikan sebuah dialog pendek berisi ungkapan harapan dan responnya, siswa dapat menyimpulkan maksud pembicara kedua dengan tepat. |
C4 Menganalisis |
1 |
26 |
SEKOLAH |
25 |
Struktur Teks Menyimpulkan hubungan antara kedua pembicara dengan tepat. |
Diberikan sebuah dialog pendek berisi ungkapan harapan dan responnya, siswa dapat menyimpulkan hubungan antara kedua pembicara dengan tepat. |
C2 Menarik Inferensi / Menyimpulkan |
1 |
27 |
MKKS |
||
26 |
Unsur Kebahasaan Mengidentifikasi ungkapan harapan/doa terkait dengan benar. |
Diberikan sebuah dialog rumpang berisi respon terhadap ungkapan harapan/doa, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan harapan/doa terkait dengan benar. |
C1 Mengidentifikasi |
1 |
28 |
MKKS |
||
27 |
Fungsi Sosial Menyimpulkan maksud dari salah satu pembicara. |
Dialog: Ucapan Selamat |
Diberikan sebuah dialog pendek berisi pernyataan keberhasilan dan ungkapan selamat, siswa dapat menyimpulkan maksud pembicara kedua. |
C2 Menyimpulkan |
1 |
29 |
MKKS |
|
28 |
Unsur Kebahasaan Menentukan rujukan kata yang tepat.
|
Diberikan sebuah dialog pendek berisi pernyataan keberhasilan dan ungkapan selamat, siswa dapat menentukan rujukan kata ganti yang tepat. |
C3 Menerapkan |
1 |
30 |
SEKOLAH |
||
29 |
Unsur Kebahasaan Menganalisistoneperasaan salah satu pembicara. |
Diberikan sebuah dialog pendek berisi pernyataan keberhasilan dan ungkapan selamat, siswa dapat menganalisis perasaan salah satu pembicara. |
C5 Menilai
C4 Menganalisis |
1 |
31 |
SEKOLAH |
||
30 |
KD 3.2 / Kelas 9 |
Fungsi Sosial Menafsirkan tujuan penulisan teks prosedur dengan tepat. |
Procedure text: resep minuman |
Diberikan sebuah resep membuat minuman, siswa dapat menafsirkan tujuan penulisan teks dengan tepat. |
C2 Menafsirkan / Memahami |
1 |
32 |
SEKOLAH |
31 |
Unsur Kebahasaan Mengidentifikasi persamaan makna kata kerja yang diminta dengaan tepat. |
Diberikan sebuah resep membuat minuman, siswa dapat mengidentifikasi persamaan makna kata kerja yang diminta dengan tepat. |
C2 Memahami |
1 |
33 |
SEKOLAH |
||
32 |
Struktur Teks Menemukan informasi tersirat pada teks prosedur dengan tepat. |
Diberikan sebuah resep membuat minuman, siswa dapat menemukan informasi tersirat dengan tepat. |
C4 Menganalisis / menyimpulkan |
1 |
34 |
SEKOLAH |
||
33 |
Unsur Kebahasan Mengklasifikasikan kata sequencers berdasarkan kelompok kata dengan tepat.
|
Procedure text: resep makanan |
Diberikan sebuah teks prosedur membuat makanan, siswa dapat mengklasifikasikan kata sequencers berdasarkan kelompok kata dengan tepat. |
C3 Mengklasifikasi |
1 |
35 |
MKKS |
|
Struktur Teks Merinci bahan bahan yang digunakan dengan benar. |
Diberikan sebuah resep membuat makanan, siswa dapat merinci bahan bahan yang mungkin digunakan dengan benar. |
C2 Memerinci
|
1 |
36 |
MKKS |
|||
35 |
Fungsi Sosial Menyimpulkan siapa yang akan tertarik untuk membaca dan menggunakan resep tersebut.
|
Diberikan sebuah resep membuat makanan, siswa dapat menyimpulkan siapa yang akan tertarik untuk membaca dan menggunakan resep tersebut dengan tepat. |
C4 Menganalisis |
1 |
37 |
MKKS |
||
36 |
Fungsi Sosial Menyimpulkan gambaran umum pada teks manual dengan tepat |
Procedure text: manual |
Diberikan sebuah teks manual pendek sederhana, siswa dapat menyimpulkan gambaran umum teks tersebut dengan tepat. |
C2 Memahami / menyimpulkan |
1 |
38 |
SEKOLAH |
|
37 |
Unsur Kebahasaan Mengidentifikasi rujukan dari suatu kata ganti yang ditanyakan dengan benar. |
Diberikan sebuah manual pendek sederhana, siswa dapat mengidentifikasi rujukan dari suatu kata ganti yang ditanyakan dengan benar. |
C3 Menerapkan |
1 |
39 |
SEKOLAH |
||
38 |
Struktur Teks Mengurutkan ulang kalimat pada teks prosedur dengan tepat. |
Diberikan 5 – 7 kalimat acak tentang manual, siswa dapat mengurutkan kembali kalimat tersebut dengan tepat. |
C3 Mengurutkan
|
1 |
40 |
SEKOLAH |
||
39 |
KD 3.3 / Kelas 9 |
Struktur Teks Menemukan informasi tersurat dalam teks naratif dengan benar.
|
Narrative text: Fairy tale |
Diberikan sebuah teks fairy tale pendek, siswa dapat menemukan informasi tersurat dalam teks tersebut dengan benar. |
C1 Mengidentifikasi |
1 |
41 |
SEKOLAH |
40 |
Fungsi Sosial Menyimpulkan nilai moral yang tersirat dengan benar. |
Diberikan sebuah teks fairy tale pendek, siswa dapat menyimpulkan nilai moral yang tersirat dengan benar. |
C5 Menyimpulkan |
1 |
42 |
SEKOLAH |
||
41 |
Unsur Kebahasaan Menentukan rujukan dari suatu kata ganti yang ditanyakan dengan benar. |
Diberikan sebuah teks fairy tale pendek, siswa dapat menentukan rujukan dari suatu kata ganti yang ditanyakan dengan benar. |
C3 Menerapkan |
1 |
43 |
SEKOLAH |
||
42 |
Struktur Teks Menyimpulkan karakter/sifat tokoh utama cerita naratifdengan benar. |
Diberikan sebuah teks fairy tale pendek, siswa dapat menyimpulkan karakter/sifat tokoh utama cerita dengan benar. |
C4 Menyimpulkan / Menilai |
1 |
44 |
SEKOLAH |
||
43 |
Fungsi Sosial Menemukan ide pokok salah satu paragraf dari terks naratif dengan benar.
|
Diberikan sebuah teks narrative text pendek sederhana, siswa dapat menemukan ide pokok dari salah satu paragraf tersebut dengan benar. |
C2 Memahami |
1 |
45 |
SEKOLAH |
||
44 |
KD 3.4 / Kelas 9 |
Fungsi Sosial Menemukan pikiran utama dari terks information report dengan benar.
|
Information report text |
Diberikan sebuah teks information report pendek sederhana, siswa dapat menemukan pikiran utama dari terks tersebut dengan benar. |
C2 Memahami |
1 |
46 |
MKKS |
45 |
Struktur Teks Menemukan informasi tersirat dalam teks information report dengan benar.
|
Diberikan sebuah teks information report pendek sederhana, siswa dapat menemukan informasi tersirat dalam teks tersebut dengan benar. |
C4 Menyimpulkan |
1 |
47 |
MKKS |
||
46 |
Unsur Kebahasaan Menentukan sinonim dari kata (benda) tertentu dengan benar. |
Diberikan sebuah kalimat dari teks information report pendek sederhana, siswa dapat menentukan sinonim dari kata (benda) yang bergaris bawah dengan benar. |
C2 Memahami |
1 |
48 |
MKKS |
||
47 |
KD 3.10 / Kelas 9 |
Unsur Kebahasaan Menemukan / mengidentifikasi makna kata tertentu dari teks iklan |
Advertisment |
Diberikan sebuah teks iklan, siswa dapat mengidentifikasi makna kata tertentu dari teks |
C4 Memahami |
1 |
49 |
MKKS |
48 |
Struktru Teks Menentukan informasi tertentu dari teks iklan |
Diberikan sebuah teks iklan, Siswa dapat mengidentifikasi informasi tertentu dari teks |
C4 Mengidentifikasi |
1 |
50 |
MKKS |
Bandar Lampung, Februari 2023
Penyusun
TIM MGMP SMP Kota Bandar Lampung
Komentar
Posting Komentar