kisi - kisi LUS Bahasa Inggris 9

 MATA PELAJARAN  : Bahasa Inggris

 KELAS    : IX (SEMBILAN) A-B-C-D-E-F

GURU PENGAMPU    : APRILLIA SARI, S.Pd

WAKTU PEMBELAJARAN : 10 Maret 2023


KD :

kELAS 7,8 DAN 9

 

Tujuan Pembelajaran:

1. Peserta didik mampu  memahami kisi-kisi LUS

 
MATERI PEMBELAJARAN
 
KISI - KISI LUS



Good morning Sholeh and sholeha, how are you today I hope you are great and Allah SWT always protect and give His mercy to us, Aamiin YRA.

Oke before continuing our lesson today don't forget to pray Dhuha, Murojaah Al Qur'an and always do our 5 times Of Pardu.



KISI-KISI PENULISAN SOAL LUS/US

TAPEL 2022/2023

Jenis Sekolah               : SMP/MTs

Jumlah Soal                 : 50 Butir

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris

Bentuk Soal/ tes          : Pilihan Ganda

Alokasi Waktu            : 120 menit

 

Kisi-Kisi Penulisan Soal

No

Kompetensi Dasar

IPK

Materi Pokok

Indikator Soal

Level Kognitif

Jlh  Soal

No

Soal

Paket soal

1

2

3

4

5

6

7

8

 

1

KD 3.1/ Kelas 7

Unsur Kebahasaan

Merespon permintaan maaf

Dialog: Permintaan Maaf

Diberikan sebuah dialog pendek rumpang berisi respon ungkapan permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi respon terhadap permintaan maaf tersebut dengan tepat.

C1 Mengidentifikasi

1

1

SEKOLAH

2

KD 3.2/ Kelas 7

Unsur Kebahasaan

Mengidentifikasi informasi tersirat tentang waktu terjadinya dialog

 

Dialog: Jati Diri

Diberikan sebuah dialog pendek tentang jati diri, siswa dapat mengidentifikasi informasi tersirat tentang waktu terjadinya dialog.

C2 Menarik Inferensi/ Menyimpulkan

1

2

SEKOLAH

3

KD 3.3/ Kelas 7

Unsur Kebahasaan

Mengidentifikasi ungkapan informasi tentang waktu dengan tepat

 

Dialog: Waktu

Diberikan sebuah dialog pendek dengan pertanyaan tentang waktu, siswa dapat mengidentifikasi penulisan informasi tentang waktu dengan tepat.

C1 Menuliskan

1

3

SEKOLAH

4

KD 3.4/ Kelas 7

Unsur Kebahasaan

Melengkapi teks deskripsi tentang suatu benda  dengan kata ganti yang tepat.

 

Descriptive Text

Diberikan sebuah teks deskripsi rumpang pendek tentang suatu benda, siswa dapat melengkapinya dengan kata ganti yang tepat..

C3 Melengkapi

1

4

SEKOLAH

5

Unsur Kebahasaan

Menemukan informasi tersirat dalam teks deskripsi tentang benda

Diberikan sebuah teks deskripsi tentang benda, siswa dapat menemukan informasi tersirat dalam teks.

C2  Menarik Inferensi/ menyimpulkan

1

5

SEKOLAH

6

Struktur Teks

Menentukan generic structure/ bagian dari teks deskripsi

Diberikan sebuah teks deskripsi pendek tentang suatu hewan, siswa dapat menentukan bagian unsur pembangunyang ditanyakan pada teks tersebut dengan benar.

C3 Menentukan

1

6

SEKOLAH

7

Fungsi Sosial

Menjelaskan tujuan komunikatif dari penulisan teks.

Diberikan sebuah deskripsi pendek tentang orang siswa dapat menjelaskan tujuan komunikatif dari teks tersebut dengan benar.

C2 Menjelaskan

1

7

SEKOLAH

8

Unsur Kebahasaan

Menentukan persamaan kata yang tepat pada sebuah kalimat deskriptif.

Diberikan sebuah deskripsi pendek tentang orang, siswa dapat menentukan persamaan kata yang tepat pada sebuah kalimat deskriptif.

C2 Memahami

1

8

 

MKKS

9

 

Struktur Teks

Mengurutkan kalimat-kalimat acak menjadi sebuah paragraf.

Diberikan 5 kalimat acak tentang deskripsi hewan, siswa dapat menyusun kalimat tersebut dengan urutan dengan benar

C3 Mengurutkan

1

9

MKKS

10

KD 3.5/ Kelas 7

Fungsi Sosial

Menganalisis tema lagu

 

Lirik Lagu

Diberikan sebuah bait lirik lagu, siswa dapat menganalisis makna dari bait dalam lagu tersebut dengan benar.

C4 Menganalisis

1

10

SEKOLAH

11

KD 3.1/ Kelas 8

Unsur Kebahasaan

Menyebutkan kata bantu/ modal yang tepat sesuai konteks dialog

Dialog: Keharusan

Diberikan sebuah dialog berisi keharusan melakukan suatu tindakan, siswa dapat melengkapi respon dengan menyebutkan bentuk kata bantu/modal yg  tepat sesuai konteks dalam dialog tersebut.

C1 Menyebutkan

1

11

SEKOLAH

12

Fungsi Sosial

Memprediksi maksud dari larangan

Dialog: Larangan

Diberikan sebuah dialog berisi ungkapan larangan, siswa dapat memperkirakan secara logis maksud dari larangan tersebut

C2 memperkirakan

1

12

SEKOLAH

13

Unsur Kebahasaan

Menerapkan respon ungkapan himbauan dengan tepat

 

Dialog: Himbauan

Diberikan sebuah dialog rumpang pendek tentang suatu masalah, siswa dapat menerapkan respon ungkapan himbauan yang paling tepat untuk melengkapi dialog

C3 menerapkan

1

13

SEKOLAH

14

KD 3.2/ Kelas 8

Struktur Teks

Memperkirakan hubungan pengirim kartu ucapan

Greeting Card

Diberikan sebuah teks kartu ucapan selamat, siswa dapat memperkirakan dengan logis hubungan pengirim kartu tersebut dengan yang dikirimi kartu.

C2 Memperkirakan

1

14

MKKS

15

Unsur Kebahasaan

Menemukan informasi tersurat yang ditanyakan dengan benar

Diberikan sebuah teks ucapan terkait hari spesial, siswa dapat menemukan informasi tersurat yang ditanyakan dengan benar.

C1 Menemukan

1

15

MKKS

16

Unsur Kebahasaan

Menentukan lawan kata (kerja) dengan tepat

Diberikan sebuah teks ucapan terkait hari spesial, siswa dapat menentukan lawan kata (kerja) dengan tepat.

C2 Memperkirakan

1

16

MKKS

17

KD 3.3 /  Kelas 8

Fungsi Sosial

Menyimpulkan ide pokok dari teks recount tersebut dengan benar.

Recount Text

Diberikan sebuah teks recount pendek, siswa dapat menyimpulkan ide pokok dari teks tersebut dengan benar.

C2

Memahami / Menyimpulkan

1

17

SEKOLAH

18

Fungsi Sosial

Mengidentifikasi tujuan komunikatif penulisan teks recount dengan benar.

Diberikan sebuah teks recount pendek, siswa dapat mengidentifikasi tujuan komunikatif teks tersebut dengan benar.

 

C2

Memahami

1

18

SEKOLAH

19

Struktur Teks

mengidentifikasi informasi tersurat yang ditanyakan dengan benar.

 

Diberikan sebuah teks recount pendek, siswa dapat mengidentifikasi informasi tersurat yang ditanyakan dengan benar.

 

C1 2Mngidentifikasi

3

19;20; 21

MKKS

20

Struktur Teks

Menemukan informasi tersirat dalam teks recount tersebut dengan benar.

Diberikan sebuah teks recount pendek, siswa dapat menemukan informasi tersirat dalam teks tersebut dengan benar.

 

C4

Menganalisis

 

1

22

SEKOLAH

  21

Unsur Kebahasaan

Menyusun kata acak pada kalimat dari teks recount dengan benar.

Diberikan sebuah kalimat dengan 8 – 10 kata acak dari teks recunt, siswa dapat menyusun kembali kalimat tersebut dengan benar.

C3

Mengurutkan

1

23

SEKOLAH

22

KD 3.4 / Kelas 8

Unsur Kebahasaan

Menganalisis untuk siapa lagu tersebut dinyanyikan dengan tepat.

Lirik Lagu

Diberikan sebuah  lirik lagu, siswa dapat menganalisis untuk siapa lagu tersebut dtujukan dengan tepat.

 

 

C4 Menganalisis

 

 

1

24

MKKS

23

Unsur Kebahasaan

Menentukan rujukan kata ganti pada teks lirik lagu dengan tepat.

Diberikan sebuah bait  lirik lagu, siswa dapat menentukan rujukan kata ganti dengan tepat.

C3

Menerapkan

1

25

MKKS

24

KD 3.1 / Kelas 9

Fungsi Sosial

Menyimpulkan maksud pembicara tertentu pada teks dialog berisi ungkapan harapan dengan tepat.

 

 

 

 

Dialog: Harapan/doa

Diberikan sebuah dialog pendek berisi ungkapan harapan dan responnya, siswa dapat menyimpulkan maksud pembicara kedua dengan tepat.

 

C4

Menganalisis

1

26

SEKOLAH

25

Struktur Teks

Menyimpulkan hubungan antara kedua pembicara dengan tepat.

Diberikan sebuah dialog pendek berisi ungkapan harapan dan responnya, siswa dapat menyimpulkan hubungan antara kedua pembicara dengan tepat.

C2

Menarik Inferensi /

Menyimpulkan

1

27

SEKOLAH

26

Unsur Kebahasaan

Mengidentifikasi ungkapan harapan/doa terkait dengan benar.

Diberikan sebuah dialog rumpang berisi respon terhadap ungkapan harapan/doa, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan harapan/doa terkait dengan benar.

C1 Mengidentifikasi

1

28

SEKOLAH

27

 

Fungsi Sosial

Menyimpulkan maksud dari salah satu pembicara.

 

 

 

Dialog:

Ucapan Selamat

Diberikan sebuah dialog pendek berisi pernyataan keberhasilan dan ungkapan selamat, siswa dapat menyimpulkan maksud pembicara kedua.

C2

Menyimpulkan

1

29

SEKOLAH

28

Unsur Kebahasaan

Menentukan rujukan kata yang tepat.

 

 

Diberikan sebuah dialog pendek berisi pernyataan keberhasilan dan ungkapan selamat, siswa dapat menentukan rujukan kata ganti yang tepat.

 

 

C3 Menerapkan

1

30

MKKS

29

Unsur Kebahasaan

Menganalisis tone perasaan salah satu pembicara.

Diberikan sebuah dialog pendek berisi pernyataan keberhasilan dan ungkapan selamat, siswa dapat menganalisis perasaan salah satu pembicara.

 

C5

Menilai

 

C4

Menganalisis

1

31

MKKS

30

KD 3.2 / Kelas 9

Fungsi Sosial

Menafsirkan tujuan penulisan teks prosedur dengan tepat.

 

 

 

 

 

 

 

Procedure text: resep minuman

Diberikan sebuah resep membuat minuman, siswa dapat menafsirkan tujuan penulisan teks dengan tepat.

C2

Menafsirkan / Memahami

1

32

SEKOLAH

31

Unsur Kebahasaan

Mengidentifikasi persamaan makna kata kerja yang diminta dengaan tepat.

Diberikan sebuah resep membuat minuman, siswa dapat mengidentifikasi persamaan makna kata kerja yang diminta dengan tepat.

 

C2 Memahami

1

33

SEKOLAH

32

Struktur Teks

Menemukan informasi tersirat pada teks prosedur dengan tepat.

Diberikan sebuah resep membuat minuman, siswa dapat menemukan  informasi tersirat dengan tepat.

C4

Menganalisis / menyimpulkan

1

34

SEKOLAH

33

Unsur Kebahasan

Mengklasifikasikan kata sequencers berdasarkan kelompok kata dengan tepat.

 

 

 

 

 

Procedure text: resep makanan

Diberikan sebuah teks prosedur membuat makanan, siswa dapat mengklasifikasikan kata sequencers berdasarkan kelompok kata dengan tepat.

C3 Mengklasifikasi

1

35

SEKOLAH

34

Struktur Teks

Merinci bahan bahan yang digunakan dengan benar.

Diberikan sebuah resep membuat makanan, siswa dapat merinci bahan bahan yang mungkin digunakan dengan benar.

C2

Memerinci

 

1

36

SEKOLAH

35

Fungsi Sosial

Menyimpulkan siapa yang akan tertarik untuk membaca dan menggunakan resep  tersebut.

 

Diberikan sebuah resep membuat makanan, siswa dapat menyimpulkan siapa yang akan tertarik untuk membaca dan menggunakan resep tersebut dengan tepat.

C4

Menganalisis

1

37

SEKOLAH

36

Fungsi Sosial

Menyimpulkan gambaran umum pada teks manual dengan tepat

 

 

Procedure text: manual

Diberikan sebuah teks manual pendek sederhana, siswa dapat menyimpulkan gambaran umum teks tersebut dengan tepat.

C2

Memahami / menyimpulkan

1

38

MKKS

37

Unsur Kebahasaan

Mengidentifikasi rujukan dari suatu kata ganti yang ditanyakan dengan benar.

Diberikan sebuah manual pendek sederhana, siswa dapat mengidentifikasi rujukan dari suatu kata ganti yang ditanyakan dengan benar.

C3

Menerapkan

1

39

MKKS

38

Struktur Teks

Mengurutkan ulang kalimat pada teks prosedur dengan tepat.

Diberikan 5 – 7 kalimat acak tentang manual, siswa dapat mengurutkan kembali kalimat tersebut dengan tepat.

C3 Mengurutkan

 

 

1

40

MKKS

39

KD 3.3 / Kelas 9

Struktur Teks

Menemukan informasi tersurat dalam  teks naratif dengan benar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Narrative text: Fairy tale

Diberikan sebuah teks fairy tale pendek, siswa dapat menemukan informasi tersurat dalam  teks tersebut dengan benar.

 

C1

Mengidentifikasi

1

41

MKKS

40

Fungsi Sosial

Menyimpulkan nilai moral yang tersirat dengan benar.

Diberikan sebuah teks fairy tale pendek, siswa dapat menyimpulkan nilai moral yang tersirat dengan benar.

C5

Menyimpulkan

1

42

MKKS

41

Unsur Kebahasaan

Menentukan rujukan dari suatu kata ganti yang ditanyakan dengan benar.

Diberikan sebuah teks fairy tale pendek, siswa dapat menentukan rujukan dari suatu kata ganti yang ditanyakan dengan benar.

C3

Menerapkan

1

43

MKKS

42

Struktur Teks

Menyimpulkan karakter/sifat tokoh utama cerita naratifdengan benar.

 

Diberikan sebuah teks fairy tale pendek, siswa dapat menyimpulkan karakter/sifat tokoh utama cerita dengan benar.

C4 Menyimpulkan /

Menilai

1

44

MKKS

43

Fungsi Sosial

Menemukan ide pokok salah satu paragraf dari terks naratif dengan benar.

 

Diberikan sebuah teks narrative text  pendek sederhana, siswa dapat menemukan ide pokok dari salah satu paragraf tersebut dengan benar.

C2

Memahami

1

45

MKKS

44

KD 3.4 / Kelas 9

Fungsi Sosial

Menemukan pikiran utama dari terks information report dengan benar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Information report text

Diberikan sebuah teks information report pendek sederhana, siswa dapat menemukan pikiran utama dari terks tersebut dengan benar.

C2

Memahami

1

46

SEKOLAH

45

Struktur Teks

Menemukan informasi tersirat dalam teks information report dengan benar.

 

Diberikan sebuah teks information report pendek sederhana, siswa dapat menemukan informasi tersirat dalam teks tersebut dengan benar.

 

C4

Menyimpulkan

1

47

SEKOLAH

46

Unsur Kebahasaan

Menentukan sinonim dari kata (benda) tertentu dengan benar.

Diberikan sebuah kalimat dari teks information report pendek sederhana, siswa dapat menentukan sinonim dari kata (benda) yang bergaris bawah dengan benar.

 

C2

Memahami

1

48

SEKOLAH

47

KD 3.10 / Kelas 9

Unsur Kebahasaan

Menemukan  / mengidentifikasi makna kata tertentu dari teks iklan

 

 

Advertisment

Diberikan sebuah   teks iklan  , siswa dapat   mengidentifikasi  makna kata tertentu dari teks

 

C4

Memahami

1

49

SEKOLAH

48

Struktru Teks

Menentukan informasi tertentu dari teks iklan

Diberikan sebuah   teks iklan  , Siswa dapat mengidentifikasi  informasi  tertentu dari teks

 

C4 Mengidentifikasi

1

50

SEKOLAH

 

                                                                                                                                                                                                            Bandar Lampung,  Februari 2023

                                                                                                                                                                                                            Penyusun

 

 

                                                                                                                                                                                                            TIM MGMP SMP Kota Bandar Lampung

 



 

 

 

 

Komentar